4 Kiat Pola Hidup Sehat untuk Investasi Kesehatan Masa Tua

pola hidup sehat

Mulai menerapkan pola hidup sehat sejak muda adalah keputusan tepat sebagai investasi kesehatan masa tua. Mungkin sekarang kamu berfikir kalau kesehatan bukanlah sesuatu yang bisa diinvestasikan untuk masa depan. Tapi faktanya, kesehatan adalah modal utama untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sehingga segala aktivitas bisa dilakukan dengan baik.

Namun, milenial jaman sekarang sepertinya belum menyadari pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. Apalagi, di tengah hiruk pikuk dan kemudahan jaman yang didukung perkembangan teknologi saat ini, pentingnya menjaga kesehatan sedari muda seakan tertutup. Lingkungan yang serba instan menjadi kesempatan bagi anak muda untuk menunda-nunda menerapkan gaya hidup sehat.

Sebagian orang mungkin merasa gaya hidup sehat itu sulit. Terlebih kalau kamu sudah terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji, konsumsi gula berlebih, kurang minum air putih, dan malas berolahraga.

Padahal, kita tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Olahraga akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat yang dihasilkan. Nah, dari sini kamu mulai tertarik untuk investasi kesehatan masa tua bukan? Tapi bagaimana ya caranya? Simak di bawah ini yuk!

  1. Hindari Begadang dan Tidur Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam, namun kegiatan begadang menjadi godaan tersendiri bagi kawula muda jaman sekarang. Bagaimana tidak, mereka biasanya sering nongkrong hingga larut malam bersama teman, atau bermain gadget sampai lupa tidur. Kebiasaan ini membuat jam tidur berantakan dan berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Saat kurang tidur, pada keesokan harinya tubuh akan terasa letih, kita pun jadi bermalas-malasan untuk beraktivitas di pagi hari. Bahkan, memilih tidur lagi dan menunda pekerjaan di pagi hari.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, itulah mengapa minum air putih sangat penting. Jangan tunggu hingga merasa haus ya, karena itu adalah peringatan dari tubuh bahwa ia dehidrasi. Minumlah air yang cukup setidaknya delapan gelas per hari. Jika melakukan aktivitas yang lebih berat, tidak ada salahnya untuk menambah porsi air minum agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Memiliki makanan yang bergizi dan membatasi makan cepat saji adalah tips lainnya untuk menerapkan cara hidup sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral bagi tubuh. Selain menyehatkan, makanan ini juga akan memberi pasokan energi yang membuatmu lebih bersemangat dalam melakukan berbagai kegiatan positif.

  1. Rutin Berolahraga

Aktivitas yang memberikan segudang manfaat bagi tubuh ini memang harus dilakukan sejak muda. Memang, membuang rasa malas untuk berolahraga cukup sulit, tapi apakah kamu rela di masa tua nanti jadi rentan sakit?

Kalau tidak, mulai sekarang yuk jadikan olahraga sebagai kegiatan rutin sehari-hari. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat merilekskan pikiran dan membantu mengelola stres.

Tidak harus pergi ke tempat gym, kamu bisa melakukannya secara gratis di rumah. Seperti lari pagi, atau senam yoga lewat tutorial di media sosial. Jadi, mulai sekarang luangkan waktu untuk olahraga sebagai investasi kesehatan di masa tua, ya.

Itu dia beberapa tips pola hidup sehat sebagai investasi kesehatan di masa tua. Untuk makanan sehat, sekarang kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice. Bukan cuma lengkap, di sini kualitasnya sudah pasti terjamin, lho.

 

Baca juga: Tips Bepergian Aman dengan Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Diabetes

Baca juga: Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published