5 Camilan Sehat ini Bisa Meningkatkan Berat Badan Janin, Baik untuk Ibu Hamil

camilan sehat

Camilan sehat memiliki peran penting pada ibu hamil. Diperlukan gizi yang seimbang untuk menjaga diri dan bayi dalam kandungannya supaya tumbuh sehat. Selain makanan utama, camilan untuk ibu hamil juga tidak boleh disepelekan begitu saja.

Pasalnya, camilan bisa menjadi tambahan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Lalu, apa saja jenis camilan yang bagus untuk ibu hamil?

Camilan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Janin

camilan sehat

Sumber foto: Google

Ingin tahu makanan apa saja yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa pilihan camilan yang dapat membantu menaikkan berat badan janin. Jangan lupa dicatat ya!

  • Kacang-kacangan
  • Sebuah penelitian yang dipimpin Barcelona Institute for Global Health (US Global) yang dirilis di European Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kacang-kacangan pada trimester pertama dapat membantu meningkatkan perkembangan saraf pada janin.

    Kalau memilih kacang-kacangan sebagai menu makan sehat untuk menaikkan berat badan janin, kamu juga akan mendapatkan asupan kalsium, folat, dan serat.

    Kandungan seng di dalamnya juga akan membantu mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, sulit bersalin, dan kelahiran prematur.

  • Jeruk
  • Buah jeruk dapat mencukupi kebutuhan folat saat masa kehamilan. Folat sendiri dapat membantu perkembangan otak dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

    Selain itu, folat juga membantu mengembangkan sel darah dan jaringan baru, serta menaikkan berat badan janin. Kamu bisa mengonsumsi buah berwarna oranye ini secara langsung, menjadikannya sebagai jus, atau membuatnya sebagai salad.

  • Yoghurt
  • Menurut The Journal of Obstetrics and Gynecology of India, ibu hamil membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap hari. Kebutuhan kalsium per hari tersebut salah satunya bisa didapatkan dari yoghurt.

    Selain itu, produk olahan susu ini juga mengandung vitamin B, protein, seng, dan pembentuk tulang lainnya.

    Bukan hanya mencukupi kebutuhan kalsium, konsumsi yoghurt juga dapat menekan risiko kelahiran prematur dan mencegah berat badan bayi rendah.

  • Susu
  • Sebuah penelitian menyebutkan bahwa asupan minimal 200-500 ml susu per hari memiliki efek positif pada janin.

    Susu bukan hanya memberi asupan protein berkualitas baik, tapi juga kaya akan kalsium. Kamu bisa meminumnya langsung, atau diolah menjadi ice cream, smoothie, milkshake, atau mencampurnya dengan cereal.

  • Sayuran Hijau
  • Dalam pola hidup sehat, sayuran hijau menjadi makanan yang wajib ada di atas piring. Kamu bisa memilih sayuran berdaun hijau sebagai camilan sehat untuk membantu menaikkan berat badan janin.

    Kamu bisa mengonsumsi bayam, brokoli, kangkung, atau asparagus secara rutin pada trimester pertama dan kedua ketika janin sedang tumbuh dengan pesatnya.

    Sayuran ini bisa diolah dengan berbagai cara, seperti direbus atau dikukus. Konsumsi sayuran hijau akan memberikan asupan nutrisi yang baik seperti kalsium, folat, kalium, vitamin A, dan serat.

    Itu dia beberapa pilihan camilan sehat untuk membantu menaikkan berat badan janin. Selain menu makan sehat, jangan lupa rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar ya. Pilih jenis olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari untuk membantu tubuh dan otak tetap fresh.

    Ingin mengonsumsi camilan sehat yang praktis dibawa kemanapun dan kapanpun? Sekarang kamu bisa cek langsung koleksi camilan yang sehat di Healthy Choice. Bukan hanya camilan, ada juga bahan makanan organik yang cocok untuk mendukung gaya hidup sehat kamu.

    Penasaran? Langsung saja klik di sini!

     

    Baca juga: Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

    Baca juga: Benarkah Bisa Melancarkan Asi? Manfaat Gula Aren untuk Ibu Menyusui


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published