5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga

pola hidup sehat

Bertambahnya usia tentu mempengaruhi hidup kita, terutama kesehatan. Memasuki usia kepala tiga, performa tubuh juga mulai mengalami perubahan. Dengan begitu, saatnya untuk memulai pola hidup sehat. Meski terdengar telat, tetapi tidak ada salahnya untuk memulainya. Penasaran apa saja? Simak uraian berikut ini.

5 Kebiasaan untuk Pola Hidup Sehat di Usia 30-an

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

  • Olahraga Teratur
  • Menginjak usia 30-an, metabolisme tubuh jadi lebih lambat. Massa otot dan kepadatan tulang juga menurun seiring bertambahnya usia. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah tumpukan lemak di paha dan lengan.

    Selain itu, berat badan juga mudah naik dan tidak bisa kembali ideal dengan olahraga biasa. Di usia ini, kita perlu menjaga pola makan dan memilih olahraga yang tepat agar tubuh tetap sehat dan ramping. Berikut ini kegiatan olahraga yang cocok bagi pria maupun wanita di usia 30-an.

  • Angkat Beban
  • Rata-rata orang mengalami penurunan massa otot sekitar 1% setiap tahun yang dimulai saat berusia 30 tahun. Itulah kenapa latihan angkat beban sangat baik untuk menjaga kekuatan atau massa otot tetap stabil. Bukan hanya membentuk massa otot, olahraga satu ini juga bisa mendorong metabolisme dalam membakar lemak.

  • Pilates
  • Bagi wanita yang baru melahirkan, pilates merupakan cara terbaik untuk mengembalikan kekuatan otot dan mengencangkan perut. Lewat latihan inti-sentris, massa otot akan terbangun, meningkatkan fleksibilitas hingga mengencangkan otot pinggul, perut, dada, kaki dan bokong. Setidaknya lakukan pilates dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

  • Yoga
  • Mungkin kita melewati masa-masa krisis dalam kehidupan saat berusia 20-an. Hal tersebut membawa dampak besar terhadap kesehatan fisik dan mental. Diperlukan banyak waktu untuk memulihkan diri, dan salah satu caranya yaitu dengan yoga

    Yoga dapat mengurangi stres, kecemasan, ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas serta keseimbangan tubuh yang mulai berkurang di usia 30-an.

  • Melatih Pernapasan
  • Ternyata, banyak orang yang tidak bernapas secara sehat. Entah itu dengan menahan napas atau bernapas pendek menyebabkan efek negatif. Coba sisihkan sedikit waktu untuk melatih pernapasan. Cara paling sederhana yaitu dengan bernapas dari diafragma, lakukan hal ini beberapa kali sehari.

    Caranya yakni dengan meletakkan tangan di atas pusar. Kemudian ketika menarik napas, fokuslah untuk menaikkan perut dan dada. Ini bermanfaat untuk mengembangkan paru-paru bagian bawah. 

  • Perhatikan Kesuburan
  • Banyak orang yang ingin menikah dan memiliki anak. Untuk mewujudkannya, penting untuk memperhatikan kesuburan. Kehamilan sendiri sebaiknya didapatkan sebelum usia 30-an. Sebab seiring bertambahnya usia, resiko melahirkan juga semakin bertambah. Namun bukan hanya soal usia, kesuburan dan peluang hamil bisa dijaga dengan menerapkan pola hidup sehat.

  • Kelola Stres
  • Berbagai masalah yang datang memang dapat mengakibatkan stres. Tapi jangan sampai stres tersebut malah membuat hidup jadi kacau. Kelola stres dengan tepat. Luangkan waktu untuk melakukan apapun yang disukai untuk meredakan stres. Jika merasa sudah sangat mengganggu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional.

  • Perhatikan Pola Makan
  • Memasuki usia 30-an, entah pekerjaan kantor atau urusan rumah kadang memberi efek stres yang bisa menyebabkan perubahan nafsu makan. Tidak jarang, kita menjadi lebih rakus atau bahkan tidak berselera makan saat stres. Pola makan tidak sehat ini tentu berdampak buruk bagi tubuh.

    Cobalah terapkan aturan piring gizi seimbang. Kurangi konsumsi lemak dan garam karena memicu kolesterol dan hipertensi. Kemudian, perbanyak makanan yang tinggi kalsium, zat besi dan serat, namun pastikan tak berlebihan.

    Itu dia lima hal untuk menjaga pola hidup sehat di usia 30-an. Khusus makanan sehat, Anda bisa mendapatkan berbagai bahan pangan organik dan tentunya bernutrisi hanya di Healthy Choice saja ya!

     

    Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Anda yang Sering Terpapar AC Setiap Hari

    Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published