5 Makanan Sehat Penurun Panas yang Bisa Dicoba saat Demam

makanan sehat

Perlu diketahui bahwa jenis makanan sehat penurun panas mempunyai kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi peradangan serta meningkatkan sistem imun sehingga dapat menurunkan demam.


Demam merupakan gejala umum yang bisa terjadi ketika tubuh terserang penyakit atau infeksi. Saat inilah anda membutuhkan makanan sehat bergizi guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan mempercepat proses penyembuhan. Lantas, apa saja makanan sehat penurun panas yang dianjurkan ketika demam? Berikut ini ulasan selengkapnya.


Daftar Makanan Sehat Penurun Panas

Umumnya saat suhu tubuh tinggi, anda akan kehilangan banyak energi. Pasalnya, tubuh membakar kalori lebih banyak dari kondisi normal. Selain itu, saat demam anda cenderung merasa lemah dan kurang nafsu makan. Padahal, ketika sakit tubuh membutuhkan makanan bergizi dan mudah dicerna. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi serta meningkatkan sistem imun sehingga membantu proses penyembuhan.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan sehat penurun panas yang bisa membantu meredakan demam dan membuat kondisi anda lebih baik.


  1. Protein Hewani dan Nabati

Protein merupakan zat terbaik yang penting untuk menunjang kesehatan secara optimal. Protein juga berperan penting dalam mengganti sel jaringan tubuh yang rusak ketika anda sakit, termasuk membentuk sistem imun sebagai pertahanan tubuh. Oleh karena itu, penting bagi anda mengonsumsi makanan tinggi protein selama masa penyembuhan. Seperti daging, ayam, telur, ikan susu, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.


  1. Madu

Selain karena sakit, demam juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri. Madu merupakan makanan sekaligus minuman penurun demam yang bersifat antimikroba, sehingga mampu mengatasi jenis infeksi ini. Selain itu, madu juga efektif mengatasi berbagai gejala yang menyertai demam, seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

 

makanan sehat

Sumber foto: Google


  1. Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai tumbuhan herbal yang berperan sebagai antimikroba dan bisa mengatasi berbagai penyakit, termasuk mengatasi demam. Jahe memiliki kandungan senyawa aktif gingerol yang bisa mengatasi peradangan, mual, muntah hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dikutip dari International Journal of Molecular Science, jahe juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengatasi infeksi bakteri sebagai salah satu penyebab demam. Anda bisa memilih jahe merah atau jahe putih untuk meredakan panas ketika demam.


  1. Bawang Putih

Selama ini mungkin anda mengenal bawang putih hanya sebagai bumbu masakan. Siapa sangka, jika bawang putih termasuk makanan untuk menurunkan demam yang efektif. Selain memberikan efek hangat pada tubuh, bawang putih juga bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Oleh sebab itu, bawang putih bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.


  1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sehat untuk orang demam. Buah yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan air sangat dibutuhkan selama proses penyembuhan. Buah-buahan seperti jeruk, anggur, lemon, beri, pisang dan alpukat tergolong buah penurun panas yang efektif. Selain kaya nutrisi, buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu melawan demam.

 

  1. Yoghurt

Yoghurt plain atau tanpa tambahan gula juga bisa menjadi makanan penurun demam yang dapat anda konsumsi. Yoghurt bisa memberikan efek menenangkan, sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan yang biasa menyertai demam. Yoghurt juga mengandung protein alami serta vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan sistem imun sehingga sangat cepat membantu proses penyembuhan ketika demam.


Itulah beberapa daftar makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan panas ketika demam. Selain daftar makanan di atas, anda juga bisa menambahkan menu makanan sehat lainnya dari Healthy Choice untuk membantu proses penyembuhan. Berbagai makanan organik hingga camilan sehat bisa anda temukan di sini. Anda bisa mengaplikasikan berbagai makanan sehat tersebut dalam meningkatkan pola hidup sehat. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Sering Dipercaya Banyak Orang, Ini Mitos Mengenai Konsumsi Makanan Sehat

Baca juga: Sederet Manfaat Makanan Sehat Superfood untuk Kecantikan dan Tumbuh Kembang Anak


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published