7 Makanan Sehat Ini Bantu Kolesterol Stabil Pasca Lebaran

makanan sehat

makanan sehat

Sumber foto: Google

Sebagian besar orang akan mengalami lonjakan kadar kolesterol setelah Lebaran. Karena biasanya saat Lebaran, banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan, santan, dan lainnya. Apalagi kalau konsumsinya terlalu berlebihan. Pada saat ini pola makan sehat pun seakan terlupakan sejenak.

Oleh karenanya, kalau kamu ingin kadar kolesterol tetap normal meski mengonsumsi berbagai menu Lebaran yang enak, beberapa makanan ini bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan apa saja itu? Di bawah ini daftarnya.

  • Terong dan Okra
  • Sayuran ini mampu menurunkan kolesterol apabila diolah dengan baik, seperti direbus, dikukus, atau ditumis. Intinya, dimasak tanpa menggunakan banyak minyak. Sayuran rendah kalori ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) karena termasuk serat larut.

  • Buah dengan Rasa Asam
  • Mengonsumsi buah-buahan asam yang tinggi kandungan vitamin C seperti apel, strawberry, kiwi, anggur, dan lainnya dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan bercita rasa asam ini juga memiliki kandungan pektin dan serat larut dapat menyerap LDL.

  • Oat
  • Menu makan sehat yang kerap dijadikan sarapan ini sangat efektif menurunkan kolesterol karena kandungan serat larutnya yang tinggi dan mudah dicerna serta mampu menyerap LDL. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi oat secara rutin mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 5,3% dalam enam minggu.

  • Kacang dan Biji-bijian
  • Kacang dan biji-bijian mengandung serat cukup tinggi yang pastinya mampu menurunkan kolesterol, membantu memperlancar metabolisme dan menjaga kesehatan pencernaan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi kacang tanah, almond, walnut, kedelai, dan lainnya, bukan hanya bagus untuk jantung namun juga menstabilkan kolesterol. Makan 25 gram kedelai setiap hari diketahui mampu menurunkan 5%-10% kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Makanan yang Mengandung Sterol dan Stanol
  • Margarin, granola bar, cokelat, dan jus jeruk adalah beberapa makanan yang mengandung sterol dan stanol. Sterol dan stanol sendiri adalah ekstraksi tanaman karet yang juga mampu menyerap kolesterol dalam makanan.

    Bahkan di pasaran tersedia suplemen-nya. Mengonsumsi makanan yang mengandung kedua zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 10%.

  • Ikan
  • Lemak sehat yang terkandung pada ikan salmon dan tuna justru dapat menurunkan LDL di tubuh. Asam lemak omega-3 di dalamnya sangat bagus untuk menurunkan trigliserida dalam darah dan melindungi kesehatan jantung dengan membantu mencegah ritme jantung tidak normal.

  • Teh
  • Selain memiliki efek relaksasi, teh juga baik untuk menurunkan kolesterol. Antioksidan di dalamnya ternyata bisa membantu mengurangi kadar LDL dalam tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi teh hitam selama tiga minggu dapat menurunkan lipid dalam darah hingga 10%.

    Itu dia beberapa menu makan sehat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu, sebisa mungkin jadikan daftar di atas sebagai menu harian setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak selama perayaan Lebaran.

    Selain makanan, jangan lupa tetap aktif berolahraga untuk menjaga pola hidup sehat. Pasalnya, hidup sehat bukan hanya didapatkan dari asupan makanan bernutrisi saja, melainkan juga berolahraga yang dapat membantu mengoptimalkan pembakaran kalori.

    Ingin bahan makanan sehat yang berkualitas? Langsung saja ke Healthy Choice. Salah satu yang bisa kamu dapatkan di sini adalah oat. Selain itu, ada pula berbagai jenis kacang dan biji-bijian. Tunggu apalagi? Langsung cek websitenya yuk!

     

    Baca juga: 5 Makanan Sehat Penurun Panas yang Bisa Dicoba saat Demam

    Baca juga: Diet saat Bulan Puasa? Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jaga Berat Badan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published