Baik untuk Kesehatan Jantung, Benarkah Sorgum Dapat Atasi Stunting

sorgum

Kamu mungkin masih asing dengan sorgum. Padahal, sorgum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biji-bijian satu ini kerap diolah menjadi menu makanan sehat pengganti nasi, terutama bagi orang yang alergi gluten.

Sorgum merupakan biji-bijian kecil, berbentuk bulat, dan umumnya berwarna putih atau kuning pucat. Biji-bijian asal Afrika ini juga menjadi salah satu tanaman paling banyak diproduksi di dunia.

Bisa diolah seperti beras atau quinoa, sorgum juga bisa digiling menjadi tepung. Selain popcorn, makanan yang biasa masuk dalam menu pola hidup sehat satu ini juga dapat direbus atau kukus untuk ditambahkan dalam salad.

Kandungan Nutrisi di Dalam Sorgum

Lalu apa saja kandungan nutrisi pada sorgum yang bagus untuk kesehatan? Dalam 100 gram sorgum mentah memiliki kandungan sekitar 330 kalori dan nutrisi penting lainnya, seperti:

  • 11 gram protein
  • 3 gram lemak
  • 72 gram karbohidrat
  • 7 gram serat

Sorgum juga tinggi kandungan vitamin B1, zat besi, kalium, selenium, magnesium, piridoksin, dan zinc. Selain itu, terdapat pula senyawa fenolik, flavonoid, dan tanin yang merupakan jenis antioksidan.

Sorgum untuk Kesehatan Jantung

 sorgum

Sumber foto: Google

Sorgum ternyata bagus untuk kesehatan jantung, lho. Manfaatnya ini berasal dari kandungan antioksidan, serat dan mineral di dalamnya.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat dan magnesium dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Apalagi, nutrisi ini juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Inilah mengapa sorgum dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa kadar magnesium dalam darah yang rendah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Saat ini, Kementerian Pertanian terus berinovasi menggali potensi-potensi pangan lokal untuk diversifikasi pangan. Program tersebut diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras yang telah menjadi bahan pangan pokok utama.

Bisa Mengatasi Stunting

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Haris Syahbuddin, mengatakan bahkan sorgum dapat dikembangkan menjadi pengganti beras.

Selain itu, sorgum juga mengandung mineral zat besi yang cukup tinggi yaitu 2-5,5 mg/100 gram. Senyawa ini mampu mengatasi stunting, yaitu terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia tumbuh.

Apa Saja Kegunaan Sorgum?

Sorgum bisa menjadi bahan serbaguna yang mudah ditambahkan ke dalam berbagai resep. Berikut ini beberapa cara untuk menikmatinya:

  • Pengganti nasi, kamu bisa mengolah sorgum seperti memasak nasi pada umumnya.
  • Sebagai tepung, karena rasanya yang netral dan warnanya cerah, tepung sorgum dapat dijadikan tepung bebas gluten.
  • Popcorn, masukkan biji sorgum ke dalam panci yang telah dipanaskan, mereka akan meletus dan menjadi popcorn. Biar kaya rasa, kamu bisa menambahkan bumbu sesuai selera.
  • Sereal, seperti gandum, sorgum yang dipipihkan juga enak disantap sebagai sereal atau granola.
  • Sirup, pemanis alami satu ini biasa ditambahkan ke dalam makanan olahan.

Itu dia informasi yang perlu diketahui tentang sorgum yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat mengatasi stunting. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi sorgum sebagai pengganti nasi maupun alternatif camilan sehat.

Penasaran dengan rasanya? Langsung saja beli sorgum di sini. Selain biji sorgum, Healthy Choice juga punya produk lainnya hingga camilan sehat yang terbuat dari tepung sorgum.

 

Baca juga: Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

Baca juga: Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker, Yuk Kenalan dengan Sorgum si Pengganti Nasi


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published