Bikin Ketagihan, Ini Camilan Rendah Kalori yang Sedap untuk Diet Sehat

diet sehat

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Saat malas makan besar atau sibuk, camilan menjadi pilihan favorit untuk mengganjal perut.

Tapi, tidak sedikit orang yang khawatir untuk makan camilan. Apalagi selama ini jenis camilan didominasi oleh garam, gula, dan minyak. Padahal, sebenarnya ada juga loh camilan rendah kalori yang bisa dinikmati saat menjalani pola hidup sehat.

Apa saja? Ini tujuh rekomendasi camilan rendah kalori untuk diet sehat.

  • Kombinasi Sayuran dan Hummus
  • Sayuran rendah kalori dan tinggi serat seperti paprika, brokoli, dan seledri sangat cocok dijadikan camilan sehat. Agar lebih nikmat, sajikan dengan hummus.

    Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah yang memiliki tekstu r lembut dan terbuat dari chickpea, minyak zaitun, dan air lemon. Dalam dua sendok makan hummus terkandung kalori kurang dari 20 kkal.

  • Apel dan Selai Kacang
  • Kombinasi renyahnya apel dan selai kacang yang lembut bisa menjadi pilihan camilan enak tapi sehat. Dalam satu buah apel berukuran sedang mengandung kalori sebanyak 95 kkal dan 4 gram protein.

    Kombinasi apel dan dua sendok selai kacang memiliki kalori 200-250 kkal. Jurnal dari Department of Nutrition and Health, Federal University of Vicosa, Brazil, menyebutkan bahwa selai kacang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengontrol berat badan. Namun, pilihlah selai kacang alami yang rendah gula maupun garam.

  • Telur Rebus
  • Pada sebutir telur rebus seberat 50 gram hanya memiliki kalori sekitar 78 kkal saja. Selain itu, telur rebus juga menjadi sumber protein yang berfungsi untuk menurunkan hormon ghrelin yang merupakan hormon lapar.

    Sedang menjalani pola hidup sehat? Telur rebus juga bisa menjadi pilihan menu sarapan jika kamu tidak ingin makan berat di pagi hari.

  • Greek Yoghurt dan Buah Berry
  • Greek yoghurt dengan tambahan pemanis alami berupa berry sangat pas disantap dijadikan camilan rendah kalori dan menutrisi tubuh. 200 gram Greek yoghurt dengan setengah mangkuk berry memiliki kalori sekitar 180 kkal.

    Yoghurt kaya akan protein, sementara buah berry tinggi serat dan antioksidan. Menu makan sehat satu ini akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

    diet sehat

    Sumber foto: Google

  • Keripik Kale
  • Keripik adalah salah satu camilan favorit. Tapi banyak orang menghindarinya karena tinggi minyak dan garam. Nah, keripik daun kale ini bisa jadi pilihan camilan rendah kalori dan sehat.

    Kale mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Segenggam keripik kale memiliki jumlah kalori sekitar 122 kkal. Ingin membuatnya? Kamu hanya perlu memanggang daun kale dengan sedikit minyak zaitun, merica, dan garam.

  • Sayur Fermentasi
  • Sayuran yang difermentasi seperti kimchi atau acar mengandung probiotik yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, makanan bercita rasa asam ini juga rendah kalori.

    Dalam satu ons sayuran fermentasi mengandung kalori sekitar 10 kkal. Tapi, tetap perhatikan porsinya saat menyantap sayuran fermentasi sebagai camilan. Karena terlalu banyak mengonsumsi kimchi atau acar juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

  • Almond dan Dark Chocolate
  • Kombinasi almond dan dark chocolat rata-rata mengandung kalori sekitar 165 kkal. Almond mengandung serat yang dapat membantu mengurangi rasa lapar sehingga asupan kalori dalam tubuh pun lebih terjaga.

    Itulah pilihan menu makan sehat yang cocok dijadikan camilan pengganjal perut. Ingin camilan rendah kalori yang bisa dibawa kemanapun, praktis, dan aman disantap kapanpun? Snack sehat dari Healthy Choice pilihannya. Langsung cek pilihan camilan rendah kalori di sini yuk!

     

    Baca juga: 5 Pola Hidup Diet Sehat di Tahun 2023, Yuk Bijak Pilih Camilan dan Wajib Sarapan

    Baca juga: Tips Menjalankan Diet DASH, Menu Diet Sehat untuk Penderita Hipertensi


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published