Cemilan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Hobi Ngemil Tapi Lagi Diet

Cemilan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Hobi Ngemil Tapi Lagi Diet

Mengkonsumsi camilan rendah kalori dapat menjadi bagian dari program diet. seperti apa camilan rendah kalori itu?

Menurut sumber dari Eat This Not That, camilan ini idealnya mengandung 150-200 kalori. Angka ini disebut sudah cukup untuk membuat kita merasa kenyang tanpa melebihi jumlah asupan kalori harian. Selain itu, camilan yang rendah kalori dan sehat minimal mengandung 3 gram serat dan 3 gram protein.

Daftar Camilan Rendah Kalori yang Menyehatkan

cemilan sehat

Sumber foto: Google

Serat membantu kita merasa kenyang sekaligus menstabilkan gula darah. Sedangkan protein membantu mencegah makan berlebih dan mendorong metabolisme tubuh. Hal penting lainnya yang perlu dicatat adalah camilan yang rendah kalori dan sehat idealnya memiliki 6 gram gula atau kurang dan 400 miligram natrium per porsinya.

Berikut daftar camilan yang rendah kalori yang sehat dan baik untuk dinikmati saat menjalani diet:

  • Kacang Almond
  • Kacang almond baik dijadikan sebagai camilan saat diet. menurut WebMD, almond tinggi akan protein dan serat yang bisa membantu kenyang lebih lama. Misalnya dalam 14 butir kacang almond, mengandung kurang dari 100 kalori, 0,63 gram lemak jenuh, 0 gram kolesterol dan 0 gram natrium.

  • Edamame
  • Selain rasanya enak, edamame juga bisa menjadi camilan rendah kalori. Dalam porsi setengah gelas edamame, terkandung 4 gram serat, lebih dari 8 gram protein, tapi tidak lebih dari 100 kalori. Bukan itu saja, porsi tersebut telah memenuhi 10% rekomendasi zat besi harian.

  • Yogurt dan Biji Bunga Matahari
  • Perpaduan yogurt dan biji bunga matahari bisa menjadi perpaduan cemilan yang lezat tapi minim kalori. Campurkan setengah gelas yogurt tawar tanpa lemak dengan satu sendok teh biji bunga matahari alias kuaci.

    Kuaci membuat tekstur dalam camilan ini semakin kaya, namun hanya memberikan tambahan 19 kalori saja. Yogurt sendiri merupakan sumber protein. Perpaduan yogurt dan kuaci ini hanya mengandung setengah gram lemak jenuh lho. Tapi pastikan memilih kuaci yang tanpa garam ya.

  • Telur Rebus
  • Telur rebus bisa dijadikan sebagai camilan yang padat nutrisi dan rendah kalori. Dalam sebutir telur rebus berukuran besar misalnya, hanya mengandung 78 kalori dengan protein 6,3 gram.

    Karena kaya akan protein, telur rebus pun membuat kita merasa kenyang dan mencegah makan berlebih. Telur juga merupakan sumber vitamin D yang sangat penting untuk menjaga tulang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Ubi Manis
  • Ubi manis bisa menjadi camilan yang tinggi karbohidrat dan membuat rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa memanggang atau merebusnya, lalu camilan rendah kalori ini dari 100 gram ubi manis hanya terkandung sekitar 85 kalori. 

    Selain itu, terkandung pula 4 gram serat, 24 gram karbohidrat dan 2 gram protein. Ubi manis memiliki vitamin C, D B6, magnesium, potasium dan zat besi. Kamu bisa menikmatinya di tengah jam makan malam atau setelah olahraga agar dapat mengembalikan tenaga yang terkuras.

    Cari camilan sehat yang rendah kalori? Sekarang ada cookies coklat yang rasanya nikmat. Kamu bisa menjadikannya sebagai sumber protein dan serat serta sumber energi.

    Pasalnya, camilan satu ini terbuat dari bahan-bahan yang bebas gluten, tanpa tambahan pemanis buatan maupun pengawet. Selain itu, cookies yang dibuat dari tepung sorgum ini juga aman bagi para penderita diabetes karena glikemiks indeks-nya rendah dan tak mengakibatkan kenaikan kadar gula darah.

     

    Baca juga: Dipercaya Dapat Mempercantik Kulit, Ini Fakta Cuka Apel

    Baca juga: Cemilan Manis dan Asin, Mana yang Baik untuk Diet Sehat?


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published