Daftar Menu Makanan Sehat Buat Kamu yang Tidak Suka Sayuran

makanan sehat

Semua menu makanan sehat pasti selalu menyertakan sayur sebagai bahan penting yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Tetapi bagaimana dengan orang yang tidak suka sayuran? Apakah ada cara untuk mengatur menu makanan sehat tanpa sayur?

Makanan Sehat untuk yang Tidak Suka Sayur

Sebenarnya menjalani pola makan sehat masih bisa dilakukan meski tidak suka sayur. Ya, kamu bisa melakukan pola makan sehat tanpa sayur disertai olahraga secara rutin. Berikut ini beberapa menunya:

  • Agar-agar
  • Selain tinggi serat, agar-agar juga sangat rendah kalori. Makanan satu ini terbuat dari rumput laut. Tepatnya berasal dari jenis ganggang Gracilaria dan Gelidium. Agar-agar biasa diolah menjadi jeli atau puding.

  • Jamur
  • Jamur-jamuran bisa menjadi pilihan menu makanan sehat bagi yang tidak suka sayur. Sumber serat satu ini lebih menggoda dibanding sayuran hijau. Beberapa jenis jamur memiliki tekstur kenyal yang membuat sebuah masakan terasa lebih khas. Aromanya juga menjadikan masakan lebih lezat. Selain itu, jamur juga bisa menjadi alternatif pengganti daging.

    Ada berbagai cara untuk mengolah jamur. Selain ditumis atau menjadikannya sup, kamu juga bisa memasaknya menjadi stik, dicincang untuk membuat nugget, atau mengolahnya jadi bakwan.

  • Wakame
  • Rumput laut khas Jepang ini mempunyai cita rasa gurih dan teksturnya kenyal saat dikunyah. Sayuran satu ini sangat pas disantap bersama kaldu atau saus ala Jepang. Selain itu, menjadikannya sebagai salad segar dengan taburan biji wijen, sedikit cuka serta kecap Jepang juga tidak kalah nikmat.

    makanan sehat

    Sumber foto: Google

  • Alpukat
  • Kalau kamu biasa mengonsumsi alpukat sebagai buah, di Barat buah ini justru umum disantap layaknya sayuran. Kamu bisa mencoba cara ini saat bosan mengonsumsinya begitu saja. Avokad atau alpukat yang menjadi alternatif serat ini bisa dijadikan salad, isian roti hingga saus. Menjadikannya pengganti mentega sebagai olesan roti juga enak, lho.

  • Kembang Tahu
  • Meski terbuat dari bahan dasar kedelai, kembang tahu memiliki tekstur yang lembut dan lunak. Biasanya, makanan satu ini dihidangkan bersama kuah jahe hangat dan taburan kacang tanah. Teksturnya yang lembut, membuat kembang tahu sangat bagus untuk kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan.

  • Konnyaku
  • Kalau kamu suka masakan Jepang, mungkin sudah tidak asing dengan konnyaku. Makanan satu ini memiliki bentuk seperti jeli, dengan warna putih dan dibuat dari umbi konjac yang dihaluskan. Konnyaku diketahui sangat kaya serat dan pati, namun kandungan kalorinya hampir nol. Itulah kenapa konnyaku biasanya menjadi pengganti gelatin dan umum dikonsumsi oleh pelaku diet.

    Kamu bisa mendapatkan mie konnyaku dan mengolahnya menjadi sashimi atau makanan lain sesuai selera.

  • Buah-buahan
  • Menu makanan sehat untuk yang tidak suka sayur masih bisa mendapatkan asupan sayur dari buah-buahan. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah juga hampir sama dengan sayuran. Beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti sayur adalah beri-berian karena tinggi vitamin A. 

    Selain itu, ada juga mangga yang kaya akan vitamin A, jeruk, persik dan kiwi. Buah-buahan lokal yang mudah dijumpai di pasar juga tidak kalah bernutrisi loh. Sebut saja, lengkeng, nangka dan manggis yang sangat tinggi antioksidan.

    Itu dia beberapa menu makanan sehat untuk kamu yang tidak suka sayuran. Nah untuk mendapatkan berbagai makanan sehat lainnya, kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice. Langsung cek yuk!

     

    Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga

    Baca juga: Beragam Bahan Makanan Organik Ini Bisa Jadi Menu Diet Sehat Setiap Hari


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published