Efektif Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Jantung, Kenali Fakta Menu Diet Sehat Ornish

Menu Diet Sehat

Sekarang ini banyak orang menerapkan pola hidup sehat atau menjalani diet demi mendapatkan tubuh ideal. Banyak alasan mengapa seseorang menjalani diet, tapi biasanya tujuan mereka adalah untuk mendapatkan tubuh ideal dan badan lebih sehat.

Lalu, diet apa yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan tubuh lebih sehat? Jangan bingung, kamu bisa mengikuti diet Ornish.

Bagaimana Pola Makan Diet Ornish?
Biasanya program diet menekankan menu makanan bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, camilan diet sehat juga menjadi perhatian lainnya, tapi bagaimana dengan pola makan diet Ornish?

Bukan Hanya Menu Makan Sehat
Menurut bukunya Dr. Dean Ornish's Program for Reversing Heart Disease, yang terbit pada 1995, diet ini mengutamakan rencana makan vegetarian.

Mengapa diet Ornish sangat populer? Ternyata diet ini terkenal karena diklaim dapat mencegah dan membantu memulihkan penyakit jantung. Meskipun menerapkan menu makan vegetarian, diet satu ini tetap mengasup nutrisi lainnya.

Menunya berfokus pada biji-bijian utuh, buah, sayuran, dan karbohidrat olahan terbatas, protein hewani, serta lemak. Hanya 10% kalori yang bersumber dari lemak. Nah, menu makan sehat inilah yang dapat menyehatkan jantung.

Soal menurunkan berat badan, Ornish cenderung berbeda dari jenis diet lainnya. Untuk menurunkan berat badan seseorang, diet Ornish berfokus pada sisi mental dengan menambahkan teknik manajemen stress.

Menu Diet Sehat

Sumber foto: Google

Menurut Dr. Dean Ornish, mengurangi stress merupakan hal penting dari program diet ini. Menariknya, diet Ornish bukan hanya mengenai asupan nutrisi atau mengelola stress saja.

Diet ini juga merekomendasikan orang yang menjalaninya untuk melatih pernapasan dalam, meditasi, dan yoga. Ada juga latihan fisik yang dianjurkan, seperti peregangan, aerobic, dan pelatihan resistensi.

Terakhir, diet Ornish juga merekomendasikan untuk mempererat hubungan dengan orang-orang terkasih. Keduanya menjadi kunci untuk memperoleh kualitas hidup lebih baik yang akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh.

Nah, pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, manajemen stress, olahraga, dan pentingnya hubungan sosial, merupakan empat hal yang harus diterapkan saat menjalani diet Ornish.

Benarkah Menyehatkan Jantung?

Diet Ornish direkomendasikan untuk pengidap penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Diet ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi fisik maupun mental seseorang yang menderita penyakit tersebut.

Seperti dijelaskan sebelumnya, diet ini bukan hanya soal pola makan sehat saja. Tetapi, juga berfokus pada aktivitas fisik, manajemen stress, hingga dukungan sosial. Empat elemen inilah yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lalu, benarkah diet Ornish sehat untuk jantung? Dr. Ornish pernah melakukan penelitian tentang diet ini. Fokus penelitian mengenai uji klinis secara acak yang tujuannya memulihkan penyakit jantung tanpa obat maupun pembedakan.

Penelitian tersebut diikuti oleh 48 pasien penyakit jantung koroner yang parah dalam periode enam tahun. Hasilnya studi itu menyimpulkan bahwa mereka yang menerapkan pola hidup sehat selama lima tahun, mirip dengan rekomendasi yang dianjurkan dalam diet Ornish, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sementara mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat, perkembangan penyakit jantungnya terus meningkat.

Nah, bagaimana tertarik untuk menurunkan berat badan dengan menu diet sehat satu ini? Atau ingin mulai menerapkan pola hidup sehat dengan diet Ornish? Langsung saja mulai dengan mengonsumsi makanan dan camilan diet sehat. Ingin belanja bahan makanan sehat tapi terlalu sibuk? Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa kunjungi website Healthy Choice di sini. Praktis, kan?

 

Baca juga: Panduan Pola Hidup Sehat dengan Diet Bebas Gula, Yuk Terapkan Sekarang

Baca juga: Bikin Ketagihan, Ini Camilan Rendah Kalori yang Sedap untuk Diet Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published