Intip Kandungan Sorgum yang Diyakini Baik untuk Menjaga Kadar Kolesterol

sorgum

Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang belum kenal dengan sorgum atau cantel (gandrung). Padahal, sorgum bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, lho! Cantel mengandung nutrisi yang tidak kalah melimpah dari sumber karbohidrat lainnya. Jika mengkonsumsinya secara rutin, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh berkat gizi di dalamnya. Lalu apa saja manfaatnya?

Apa Itu Sorgum?

Sorgum merupakan tanaman biji-bijian yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak, sumber energi biodiesel dan bahan pangan.

Tanaman yang berasal dari Afrika ini juga banyak dibudidayakan di Indonesia. Biji sorgum mirip seperti jagung, tapi ukurannya lebih kecil. Sebagai bahan makanan, sorgum dapat diolah menjadi bubur, tepung, sereal, roti, kue bahkan sirup.

Manfaat Sorgum untuk Kolesterol

Sorgum alias cantel memiliki kandungan zat lipid yaitu policosanol yang mampu menghambat sintesis kolesterol berlebih pada tubuh.

Zat ini bisa mengurangi kadar kolesterol atau plasma non-HDL di dalam darah dengan signifikan. Oleh sebab itu, cantel sangat baik untuk membantu kolesterol agar tidak cepat naik.

Namun, sejauh ini studi terkait manfaat sorgum tersebut masih dilakukan kepada hewan. Untuk mengetahuinya secara pasti, para ilmuwan masih perlu pengujian kepada manusia dalam skala lebih besar.

Manfaat Sorgum Lainnya untuk Kesehatan

sorgum

Sumber foto: Google

Selain baik untuk menjaga kolesterol, sorgum juga punya segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mengontrol Kadar Gula Darah
  • Semua makanan yang mengandung karbohidrat bisa berpengaruh terhadap kadar gula darah alias glukosa. Bahkan, beberapa jenis karbohidrat tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dengan mudah.

    Namun, sorgum merupakan biji-bijian utuh yang terdiri dari zat dengan struktur kompleks seperti antioksidan, serat, pati dan asam fenolat.

    Hal ini membuatnya sulit dicerna sehingga tidak cepat diubah jadi glukosa. Artinya, cantel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab bisa membantu mengontrol glukosa agar tetap normal.

  • Aman Bagi Penderita Celiac
  • Salah satu manfaat utama dari cantel adalah aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit Celiac. Penyebab utama Celiac yaitu gluten, yakni protein yang biasa ditemukan pada tepung. Sementara sorgum sendiri adalah sumber kalori yang bebas gluten.

    Itulah sebabnya, cantel bisa menjadi pilihan makanan pokok untuk kamu yang sensitif terhadap gluten. Kamu bisa membuat roti, kue atau makanan lainnya dengan tepung sorgum untuk menggantikan tepung terigu.

  • Mengatasi Radang atau Bengkak
  • Tidak kalah penting, cantel ternyata memiliki khasiat dalam membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan polifenol di dalamnya, yang tidak lain adalah fenolat, memiliki fungsi anti inflamasi diketahui mampu meringankan peradangan pada tubuh.

    Sebuah penelitian berjudul Effect of Sorghum Consumption membuktikan bahwa cantel menyimpan manfaat untuk meningkatkan respons anti inflamasi dengan cara mengurangi peradangan terhadap pasien penderita HIV.

  • Bagus untuk Diet
  • Berkat kandungan pati di dalamnya, susunan sorgum lebih kompleks dibanding biji-bijian lainnya. apalagi, sorgum kaya akan serat sehingga tidak mudah dicerna setelah dikonsumsi.

    Inilah yang menjadikannya sangat bagus untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Pada 2009, sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition membuktikan diet makanan kaya akan serat bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan.

    Ini karena makan sorgum bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga, kamu tidak membutuhkan tambahan asupan kalori berlebih dari makanan lain.

    Wah ternyata selain untuk mengontrol kolesterol, sorgum juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan. Tertarik menjadikan sorgum sebagai menu harian? Yuk beli di website Healthy Choice!

     

    Baca juga: Benarkah Gula Aren Bisa Cegah Obesitas Sejak Dini

    Baca juga: Ketahui Dampak pada Tubuh Jika Rajin Konsumsi Beras Organik


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published