Kegunaan dan Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Kegunaan dan Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa merupakan jenis minyak yang sehat bagi tubuh. Tidak hanya dijadikan sebagai minyak urut atau minyak rambut, minyak kelapa juga dapat dikonsumsi dan memiliki segudang manfaat bagi kondisi tubuh. Virgin coconut oil memiliki kandungan 100% lemak.

Virgin coconut oil sendiri berasal dari pohon kelapa yang tidak hanya buah, daun dan batangnya saja yang dapat dimanfaatkan, pohon ini juga menghasilkan minyak yang baik untuk kesehatan. Minyak kelapa juga diketahui mengandung zat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik. 

Untuk itu, Virgin coconut oil sering juga ditemukan pada ingredients dalam kosmetik karena dipercaya baik untuk kulit, sehingga tak jarang ditemukan bahan Virgin coconut oil dalam sebuah produk kecantikan. Berikut ini merupakan penjelasan khasiat Virgin coconut oil.

Beberapa Manfaat dan Kegunaan Virgin Coconut Oil Bagi Tubuh

  • Memiliki Efek Anti-Mikroba

  • Virgin coconut oil
    Sumber foto: Canva

    Virgin coconut oil memiliki khasiat yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan sabun mandi dan sabun cuci muka. Dengan menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahannya membuat kualitas mandi dan cuci muka lebih maksimal.

  • Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

  • Mengkonsumsi virgin coconut oil dapat menambah kadar high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik. Dimana HDL bekerja dengan cara mengurangi kadar low density lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat setelah mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. 

    Namun, akan lebih baik jika kamu juga rutin menjalankan olahraga serta makan makanan yang sehat dan rendah kolesterol. Sehingga kolesterol tidak akan hinggap di tubuh kamu yang dapat menyebabkan munculnya penyakit lain.

  • Melindungi Rambut dan Kulit

  • Virgin coconut oil

    Sumber foto: Canva

    Minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Dimana penggunaan Virgin coconut oil pada kulit akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan halus. Minyak kelapa dapat mengangkat sel kulit mati, dan menyamarkan noda hitam serta dapat memudarkan stretch mark.

    Sementara Virgin coconut oil baik untuk kesehatan rambut karena dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan menumbuhkan rambut-rambut kecil. Minyak kelapa juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau.

  • Menjaga Kesehatan Gigi 

  • Tidak hanya rambut dan kulit, minyak kelapa juga sangat baik untuk kesehatan gigi kamu. Virgin coconut oil dapat digunakan untuk menjaga gigi agar lebih kuat dan sehat. Minyak kelapa juga memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang dan bau mulut.

  • Membantu Membakar Lemak

  • Virgin coconut oil

    Sumber foto: Canva

    Virgin coconut oil juga akan sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan rutin menjalankan olahraga yang cukup serta menjaga pola makan yang sehat. Virgin coconut oil dapat memberikan energi lebih dan mencegah obesitas dan masalah berat badan berlebih.

     

    Baca juga: Khasiat Dibalik Manisnya Gula Aren untuk Kesehatan

    Baca juga: Mengenal 3 Perbedaan Jenis Gula Kristal  


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published