Manfaat Cuka Apel yang Diyakini Bisa Menghilangkan Bau Badan, Benarkah Demikian?

Manfaat Cuka Apel yang Diyakini Bisa Menghilangkan Bau Badan, Benarkah Demikian?

Bau badan disebabkan oleh bakteri yang memecah protein menjadi asam. Bau tersebut biasanya dialami seseorang saat memasuki masa pubertas. Orang yang mengalami kondisi medis tertentu, obesitas dan mereka yang makan makanan pedas secara teratur juga lebih rentan mengalaminya.

Kelenjar apokrin yang cukup banyak di ketiak, membuat daerah tersebut rentan menyebabkan bau badan. Menjaga kebersihan badan dan makan makanan tertentu bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Penasaran bagaimana cara menghilangkan bau badan? Simak uraiannya di bawah ini ya!

Tips Mengendalikan Bau Badan

Mandi minimal sehari sekali bisa membantu membunuh bakteri yang menempel pada kulit. Jika cuaca panas, ada baiknya untuk mandi lebih dari sekali. Jenis pakaian yang digunakan juga bisa membantu mengendalikan bau badan lho.

Serat alami pakaian memungkinkan kulit untuk bernapas dan membuat penguapan keringat berjalan lebih baik. Serat buatan alami yaitu sutra, wol atau kapas. Pakailah pakaian yang longgar terutama kalau kamu banyak berkeringat. Ini bisa membantu mendinginkan tubuh.

Sementara untuk makanan seperti bawang putih, kari dan makanan pedas berpotensi membuatmu lebih berkeringat. Beberapa ahli percaya diet tinggi daging merah juga memicu risiko mempercepat pengembangan bau badan.

Sebetulnya, reaksi stress juga bisa mengakibatkan kelenjar keringat memproduksi lebih banyak keringat. Sebab itulah, manajemen stress dan mengurangi kecemasan bisa membantu menekan produksi keringat di tubuh.

Atasi Bau Badan dengan Cuka Apel

Untuk mengatasi bau badan, kamu bisa mengganti deodoran dengan cuka apel. Cuka sari apel ini bekerja lebih baik dan lebih lama dalam menghilangkan bau badan. Kandungan di dalam cuka sari apel diketahui dapat membunuh bakteri yang berkembang di kulit sehingga mencegah timbulnya bau badan.

Penasaran bagaimana cara menghilangkan bau badan dengan cuka apel? Berikut ini penjelasannya:

  • Cuka Apel
  • Gunakan cuka apel untuk menghilangkan bau badan yang membandel. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan cuka sari apel ke ketiak dan biarkan sampai kering. Gunakan dua hingga tiga kali sehari agar hasilnya maksimal.

  • Baking Soda dan Cuka Apel
  • Cuka apel bersifat antiseptic dan antibakteri, sedangkan soda kue dapat membantu menghilangkan kotoran hingga bau. Cara membuatnya yaitu, ambil satu liter air dan tambahkan dua sendok teh cuka apel. Kemudian, tambahkan setengah sendok baking soda. Balurkan ke ketiak, tunggu selama lima belas menit sebelum membersihkannya.

  • Lemon dan Cuka Apel
  • Lemon mempunyai sifat asam yang membantu menyingkirkan bakteri. Ambilah segelas air hangat dan tambahkan cuka apel serta perasan lemon. Setelah tercampur dengan merata, sekarang celupkan kapas dan oleslah ke ketiak kamu. Tunggu kering kemudian bersihkan menggunakan air. Kamu bisa menggunakan cara ini setiap hari.

  • Minyak Pohon Teh dan Cuka Apel
  • Minyak pohon teh bersifat antibakteri dan antiseptic yang membantu mengatasi bau badan. Bahkan, minyak pohon teh juga dikenal mampu membunuh bakteri. 

    Ambil segelas air dan tambahkan cuka apel serta beberapa tetes minyak pohon teh. Biar lebih mudah saat menggunakannya, tuang larutan ke dalam botol semprot dan pakailah sebagai deodoran sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

    Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk menghilangkan bau badan. Selain cara pembuatannya yang mudah, ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran. Untuk mendapatkan produk cuka apel yang asli tanpa tambahan bahan kimia dan terbukti berkualitas, kamu bisa membelinya di Healthy Choice.

     

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Mengkonsumsi Jahe Merah untuk Ibu Hamil

    Baca juga: 5 Trik Mengolah Chia Seed agar Lebih Nikmat untuk Menu Diet


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published