Mau Hidup Sehat? Ini Kesalahan saat Berbuka Puasa yang Sering Dilakukan

hidup sehat

Waktu berbuka merupakan saat yang ditunggu oleh semua orang berpuasa. Setelah sehari penuh menahan lapar dan haus, berbuka menjadi kesempatan untuk memulihkan energi dan memberikan nutrisi bagi tubuh. Karena itulah sangat penting untuk memilih menu makan sehat ketika berbuka.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat buka puasa. Bahkan, kesalahan tersebut dapat berefek negatif terhadap kesehatan jika sering dilakukan. Apa saja kebiasaan saat berbuka puasa yang dapat mempengaruhi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Kesalahan yang Biasa Dilakukan saat Berbuka Puasa

Puasa Ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Namun, puasa membuat jam makan atau tidur sedikit berubah. Saat berpuasa, tubuh dalam kondisi kosong selama belasan jam karena tidak makan dan minum, sehingga nutrisinya harus diperhatikan.

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, pastikan kamu menghindari beberapa hal berikut ini saat berbuka puasa:

  • Makan Secara Berlebihan
  • Karena sudah menahan lapar seharian, banyak orang yang langsung menyantap makanan dalam jumlah banyak saat berbuka. Sebenarnya, ini merupakan kebiasaan yang salah. Sebaiknya, makan seperti porsi biasanya.

    Makan terlalu banyak saat buka puasa tidak dianjurkan karena dapat memicu gangguan pencernaan. Tubuh akan kesulitan melakukan metabolisme dan mencerna asupan makanan yang kamu konsumsi dalam jumlah banyak sekaligus. Kalau masih merasa lapar setelah berbuka, kamu bisa kembali makan dalam porsi normal setelah jeda beberapa jam.

    hidup sehat

  • Langsung Makan Makanan Berat
  • Selain makan dalam jumlah banyak, langsung mengonsumsi makanan berat saat berbuka juga tidak baik bagi kesehatan. Ini karena perut dalam kondisi kosong selama lebih dari 12 jam. Kalau langsung memberikan makanan yang cukup berat untuk dicerna, perut akan kaget dan kesulitan.

    Untuk mengatasinya, kamu bisa makan makanan ringan lebih dulu seperti kurma atau kolak sebagai pembuka. Kemudian kamu bisa menjalankan ibadah lebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat seperti nasi.

  • Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat
  • Buka puasa bukanlah waktu untuk menyantap apa saja yang diinginkan. Meski lapar, kamu tetap harus memerhatikan menu makan sehat yang bernutrisi. Usahakan untuk menghindari makanan berminyak, berlemak, terlalu asin, manis, dan pedas.

    Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan maag. Selain itu, makanan berlemak dan berminyak seperti daging merah atau gorengan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mengonsumsi Kafein
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi mempunyai dampak stimulan untuk membangunkan tubuh. Meski kafein dapat membantu lebih fokus dan meningkatkan kinerja tubuh, namun mengonsumsinya saat berbuka puasa bisa merusak jam tidur sehingga kamu melewatkan sahur.

    Kafein juga bersifat diuretik yang artinya dapat mendorong pengeluaran cairan dari tubuh sehingga lebih cepat haus. Sementara kebutuhan air dalam tubuh sangat penting bagi orang yang sedang berpuasa. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi kopi saat berbuka.

    Itu dia beberapa hal yang perlu kamu hindari saat buka puasa. Meski sedang berpuasa, pastikan untuk selalu menjalankan pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

    Sedang mencari bahan makanan sehat untuk hidup sehat selama menjalani ibadah puasa? Langsung saja cek di Healthy Choice. Di sini tersedia aneka bahan makanan yang dapat mendukung hidup sehat kamu.

     

    Baca juga: Diet saat Bulan Puasa? Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jaga Berat Badan

    Baca juga: Suka Konsumsi Gula saat Sahur dan Buka Puasa? Yuk Kenali Aturannya untuk Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published