Referensi Cemilan Sehat yang Baik untuk Jantung

Referensi Cemilan Sehat yang Baik untuk Jantung

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang berbahaya yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh tumpukan plak maupun zat-zat kimia dari makanan dan minuman. Sehingga apapun yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatan jantung.

Dengan menjaga kesehatan jantung, kamu akan terhindar dari berbagai masalah penyakit serius yang jika dibiarkan dapat merenggut nyawa. Makanan yang masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan tubuh terutama jantung. Sehingga penting untuk menjaga pola makan.

Makanan juga dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, hingga peradangan, semua faktor dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebelum penyakit jantung menyerang, kamu perlu mengantisipasinya dengan cara mengkonsumsi makanan dan cemilan sehat. 

Berikut Beberapa Makanan dan Cemilan Sehat yang Baik untuk Jantung

  • Buah Berry

  • cemilan sehat

    Sumber foto: Canva.com

    Buah berry merupakan buah yang kaya antioksidan, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry. Mengandung banyak nutrisi penting yang memainkan peran penting dan utama dalam kesehatan jantung. Makanan kaya akan antioksidan ini dapat menjadi cemilan sehat yang baik untuk kondisi rendah kalori.

    Adapun beberapa cemilan sehat yang baik untuk kesehatan jantung dengan menggunakan buah berry. Contohnya adalah smoothies berry. Caranya siapkan buah berry yang sudah dibekukan sebelumnya. Tambahkan buah pisang untuk memberi kesan manis pada smoothies yang kamubuat.

  • Sayur Tomat

  • Tomat merupakan salah satu sayuran yang dapat kamu konsumsi sebagai cemilan sehat yang baik untuk jantung. Tomat mengandung likopen, yang merupakan pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

    Antioksidan yang terkandung dalam tomat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Tomat dapat dijadikan sebagai cemilan sehat dengan cara mengolahnya menjadi campuran salad.

  • Edamame

  • cemilan sehat

    Sumber foto: Canva.com

    Cemilan sehat yang baik untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah edamame. Makanan yang satu ini memiliki kandungan isoflavon kedelai yang sangat tinggi dan sangat baik untuk jantung. Dimana kandungan ini sejenis flavonoid yang dapat membantu turunkan kadar kolesterol dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  • Kacang Almond

  • Kacang almond menjadi salah satu cemilan sehat yang baik untuk jantung. dimana kacang ini memiliki nutrisi yang tinggi. Selain itu kacang almond kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan ini sangat baik untuk jantung. Makanan ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat. 2 nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan jantung. 

  • Dark Coklat

  • Coklat hitam merupakan makanan yang kaya antioksidan seperti flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Pastikan untuk memilih coklat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao setidaknya 70% dan sesuaikan asupanmu untuk dapat manfaat terbaik untuk kesehatan jantung.

  • Alpukat

  • cemilan sehat

    Sumber foto: Canva.com

    Alpukat adalah buah yang memiliki sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Buah ini juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Alpukat kaya kalium dan nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung.

  • Minyak Zaitun

  • Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang dapat meredakan peradangan dan menurunkan resiko penyakit kronis. Minyak ini juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan banyak manfaat untuk peningkatan kesehatan jantung.

     

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

    Baca juga: Mengenal Beras Coklat dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published