Sering Dikonsumsi Setiap Hari, Ini Camilan yang Bikin Gemuk dan Gagal Diet

cemilan sehat

Makan camilan favorit sambil bersantai memang menyenangkan. Padahal, kebiasaan ini sangat berisiko terhadap kegemukan dan bisa menggagalkan diet.

5 Cemilan yang Bikin Gemuk dan Gagal Diet

Dari sekian banyaknya pilihan cemilan yang biasa dimakan, ada beberapa camilan yang bikin gemuk dan gagal diet. Pasalnya, makanan ini mengandung kalori tinggi dan hingga perasa tambahan.

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, simak baik-baik ya lima cemilan yang sebaiknya dihindari berikut ini.

  • Es Krim
  • Es krim berbahan dasar susu bercita rasa manis dan dingin kerap menjadi makanan penutup alias dessert. Namun, es krim yang ada di pasaran cenderung memiliki bahan pemanis tambahan dan tinggi kalori.

    Menikmatinya sesekali boleh-boleh saja kok. Asal, pastikan mengonsumsinya dalam porsi cukup dan pilih yang bahan-bahannya berkualitas agar tidak mudah menambah tumpukan lemak.

    Es krim yang sehat yaitu kadar gulanya tidak lebih dari 15 gram per sajian. Ingin yang lebih aman? Membuatnya sendiri sangat mudah kok! Tinggal campurkan susu krim dan buah-buahan segar tanpa tambahan gula.

  • Cokelat
  • Tidak semua coklat bisa dijadikan sebagai cemilan harian. Snack coklat dengan kandungan gula dan susu justru dapat memicu kenaikan berat badan karena tingginya jumlah kalori.

    Kalau ingin mengkonsumsi coklat sebagai cemilan, pilihlah jenis dark chocolate atau coklat hitam yang setidaknya mengandung 60% kakao. Coklat hitam ini kaya akan antioksidan dan baik untuk menjaga kesehatan jantung hingga otak.

  • Kentang Goreng
  • Cemilan yang bikin gemuk dan gagal diet berikutnya yaitu kentang goreng atau olahan kentang lainnya yang dimasak dengan metode deep frying menggunakan banyak minyak.

    Sebagian besar kentang goreng yang dijual di luar tinggi lemak dan garam. Padahal, kedua bahan itu sangat berisiko menaikkan rasa ingin makan berlebih. Rata-rata setiap 117 gram kentang goreng mengandung sekitar 378 kalori.

    Kalau kamu ingin menikmati kentang dengan cara yang lebih aman, bisa dengan mengukus atau memegangnya.

  • Keripik
  • Dengan cita rasanya yang gurih dan garing, keripik tentu menjadi camilan yang enak saat bersantai. Padahal, keripik termasuk camilan yang tinggi karbohidrat, lemak dan garam lho. Menurut penelitian, mengkonsumsinya dalam jumlah banyak bisa membuat berat badan bertambah.

    Biasanya, keripik sering dikonsumsi bersama makanan tinggi kalori lainnya, seperti mayonaise, mie rebus dan bakso.

    Kebiasan ngemil keripik sambil nonton televisi juga berkaitan dengan kegemukan. Pasalnya, tidak ada aktivitas fisik dan duduk terlalu lama juga memicu keinginan makan secara berlebih.

  • Kue
  • Kue kering atau cookies dan donat manis termasuk makanan tinggi gula, lemak dan tepung yang dapat menyebabkan kegemukan. Cookies berdiameter 3 cm, rata-rata mengandung 140 kalori, 6 gram lemak jenuh dan 14 gram gula (belum termasuk topping).

    Begitu pula dengan sebuah donat yang telah dilapisi topping, diperkirakan menyimpan 480 kalori dan 27 gram gula. Semakin bahaya karena kerap dianggap sebagai kalori kosong lantaran meski jumlahnya tinggi namun tidak membuat kenyang.

    Itulah lima cemilan yang bikin gemuk dan gagal diet. Kamu sedang nyari cemilan yang enak tapi tetap aman untuk tubuh? Coba dulu Choco Almond Brownie Chips dari Healthy Choice! Camilan satu ini bebas gluten dan terbuat dari bahan dasar tepung singkong.

    Cocok untuk kamu yang lagi diet tapi ingin tetap ngemil. Rasa coklatnya legit ditambah kacang almond yang gurih dan nikmat. Kalau ingin aneka cemilan sehat lainnya, cek di sini ya!

     

    Baca juga: 5 Snack Sehat Terbuat dari Bahan Organik yang Baik untuk Diet

    Baca juga: Kegunaan VCO (Virgin Coconut Oil) Jaga Stamina Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published