Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini untuk Menghindari Penyakit Degeneratif

gaya hidup sehat

Gaya hidup tidak sehat bisa meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit degeneratif. Supaya terhindar dari penyakit tersebut, penting untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya.

Penyakit degeneratif umumnya diakibatkan oleh menurunnya sel-sel tubuh yang kemudian berdampak pada fungsi organ secara umum. Sebagian besar penyakit ini muncul karena pertambahan usia. Gaya hidup tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif.

Faktor gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko penyakit ini pun beragam. Seperti, sering mengonsumsi makanan tidak sehat, jarang berolahraga, merokok, dan berlebihan dalam minum minuman beralkohol.

Macam-macam Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Sebagian penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari yang kemudian mengakibatkan gangguan pada organ tertentu. Apa saja penyakit degeneratif yang sering terjadi? Berikut beberapa di antaranya:

  • Diabetes Tipe 2
  • Umumnya, penyakit diabetes tipe 2 dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi, kalau kamu memiliki orang tua penderita diabetes sangat penting untuk memeriksakan diri secara rutin dan jaga pola hidup sehat. Sebab, gaya hidup tidak sehat bisa mengganggu fungsi tubuh yang berperan sebagai pengontrol kadar gula darah.

    Selain itu, kamu yang mengidap hipertensi, obesitas, kadar trigliserida tinggi, dan memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, juga lebih berisiko terkena penyakit ini.

  • Penyakit Jantung
  • Biasanya, penyakit jantung diakibatkan oleh aterosklerosis alias penumpukan plak karena lemak berlebih di pembuluh darah jantung. Penumpukan ini menyebabkan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke jantung terhambat, sehingga fungsinya menurun.

    Kondisi ini bisa diakibatkan oleh pola makan tidak sehat, stress, kurang olahraga, dan kebiasaan merokok.

  • Osteoporosis
  • Selain karena kekurangan vitamin D, osteoporosis juga bisa dialami oleh orang yang jarang bergerak. Karena, kepadatan tulang pada orang yang kurang aktif bergerak mengalami penurunan lebih cepat.

    Selain itu, kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok juga dapat menurunkan kepadatan tulang.

  • Penyakit Kanker
  • Perubahan atau mutasi genetik pada sel tubuh dapat memicu penyakit kanker. Mutasi ini bisa diturunkan oleh orang tua dan baru muncul di kemudian hari.

    Tidak menerapkan pola hidup sehat, seperti jarang berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung zat karsinogenik, dan merokok, dapat memicu perubahan gen sehingga mempercepat terjadinya kanker di usia muda.

    Tips Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

    gaya hidup sehat

    Sumber foto: Google

    Sebenarnya, penyakit degeneratif bisa dicegah sejak usia dini lewat pola hidup sehat. Ini bisa dimulai dengan mengonsumsi menu makanan sehat, seperti mengurangi olahan daging merah serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

    Selain itu, hindari duduk terlalu lama dan biasakan untuk bergerak di sela-sela aktivitas sehari-hari. Untuk kamu yang setiap harinya bekerja dengan duduk di depan komputer, manfaatkan waktu istirahat untuk bersosialisasi atau pergi makan siang di luar kantor agar tubuh tetap bergerak.

    Agar lebih aktif, biasanya olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Ingat, hindari rokok dan minuman beralkohol sebelum kamu kecanduan dan sulit berhenti.

    Meski beberapa jenis penyakit degeneratif bersifat keturunan alias genetik, namun pola hidup sehat dianggap efektif untuk mencegahnya agar tidak muncul di usia muda.

    Sekarang jadi lebih sadarkan pentingnya pola hidup sehat? Sekarang ayo mulai terapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Bingung apa saja bahan makanan sehat yang enak dikonsumsi? Langsung saja cek di sini!

     

    Baca juga:  Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis

    Baca juga: Dianggap Mudah dan Murah, Ini Pola Hidup Sehat Tradisional Menurunkan Berat Badan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published