Tips Bepergian Aman dengan Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Diabetes

pola hidup sehat

Punya diabetes tapi ingin melakukan perjalanan? Kondisi ini bukanlah penghalang, asal tetap menerapkan pola hidup sehat untuk kamu yang hobi travelling. Meski begitu, ada beberapa persiapan yang wajib diketahui. Dengan persiapan yang baik, tentu perjalananmu akan lebih aman dan nyaman.

Sebenarnya, hal terpenting yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes yaitu pola makan. Konsumsi menu makan sehat adalah hal wajib meski kamu sedang bepergian. Namun, perbedaan cuaca dan waktu, hingga aktivitas yang padat, serta akses ke dokter dan obat-obatan di tempat tujuan, membuat pengidap diabetes harus lebih cermat mempersiapkan berbagai hal sebelum memulai perjalanan.

Tips Bepergian bagi Penderita Diabetes

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum bepergian:

  • Bawa Obat-obatan
  • Periksa dan bawalah obat-obatan diabetes yang dibutuhkan. Kamu juga bisa membawa perlengkapan lain seperti alat pemeriksa kadar gula darah atau glukosa. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa obat-obatan dalam jumlah lebih banyak daripada biasanya.

    Simpan obat-obatan tersebut dalam dua tempat berbeda, salah satunya di tas kecil yang mudah dijangkau dan dibawa. Kalau kamu membawa insulin, jangan lupa simpan gel pendingin.

    Terakhir, bawalah resep obat-obatan dari dokter untuk ditunjukkan ke apotek di tempat tujuan, jika persediaan obatmu mulai habis.

  • Periksa Diri ke Dokter
  • pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

    Sebelum melakukan perjalanan, para penderita diabetes disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter lebih dulu. Dokter bisa memberikan resep obat atau surat keterangan yang menyatakan kalau kamu mengidap diabetes dan boleh melakukan perjalanan atau tidak.

    Surat keterangan tersebut biasanya diperlukan sebagai kelengkapan pemeriksaan di stasiun atau bandara, terutama kalau kamu membawa peralatan pengobatan.

  • Ketahui Tempat Membeli Obat
  • Cari informasi dan lakukan survei lebih dulu tentang tempat yang menyediakan insulin dan obat-obatan di lokasi tujuanmu. Ini sangat penting dilakukan sebagai antisipasi jika persediaan obat-obatan yang kamu bawa menipis.

  • Siapkan Dokumen Asuransi
  • Pastikan kamu membawa dokumen asuransi, seperti kartu asuransi jiwa atau BPJS yang dimiliki. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal tak terduga selama perjalananmu.

  • Bawa Camilan dan Glukometer
  • Bawa camilan sehat yang cukup, apalagi kalau waktu perjalanan yang ditempuh cukup lama atau ada kemungkinan tertunda. Kamu bisa membawa buah kering, biskuit dari gandum utuh, atau kacang dan biji-bijian.

    Ingat, selalu periksa kadar gula darah secara rutin selama kamu bepergian, ya. Oleh karenanya, siapkan alat pemeriksa gula darah alias glukometer dan strip pemeriksaannya supaya kamu bisa memeriksa kadar glukosa secara rutin ketika bepergian.

  • Perhatikan Perbedaan Waktu dan Iklim
  • Perbedaan zona waktu di lokasi tujuan membuatmu harus mengatur ulang waktu menyuntik insulin atau konsumsi obat. Iklim atau cuaca di tempat tujuan juga harus diperhatikan ya. Cuaca dingin atau panas bisa mempengaruhi kadar gula darah dan insulin.

    Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk sering memeriksa kadar gula darah saat bepergian. Bagi penderita diabetes dengan neuropati, sangat penting untuk memakai pakaian hangat untuk mencegah frostbite yang mungkin tak disadari karena menurunnya sensitivitas kulit.

    Itu dia beberapa tips pola hidup sehat yang bisa diikuti oleh penderita diabetes sebelum bepergian. Meski sedang melakukan perjalanan ke tempat yang memiliki perbedaan suhu, cuaca, budaya, atau bahkan makanan, pastikan selalu konsumsi menu makan sehat ya.

    Bingung cari camilan sehat dimana? Langsung saja kunjungi website Healthy Choice, selain kacang dan biji-bijian, di sini tersedia juga aneka cookies sehat yang siap menemani perjalananmu.

     

    Baca juga: Membiasakan Pola Makan Sehat Pada Anak untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya

    Baca juga: Tips Sehat Memulai Pola Makan Bebas Gluten (Gluten-Free)


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published