Tips Menjalankan Diet DASH, Menu Diet Sehat untuk Penderita Hipertensi

menu diet sehat

Bukan rahasia lagi kalau menjaga pola hidup sehat adalah hal penting untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu mengurangi risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

Salah satunya dengan mengikuti diet DASH. Lalu, apa itu diet DASH? Apa saja menu sehat yang disarankan dalam diet ini? Berikut penjelasannya.

  1. Mengenal Diet DASH

Dietary Approaches to Stop Hypertension atau DASH adalah rencana pola makan sehat yang ditujukan untuk mencegah atau mengatasi tekanan darah tinggi.

Menu diet sehat satu ini memasukkan makanan tinggi kalsium, kalium, dan magnesium. Nutrisi tersebut membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, diet DASH juga membatasi makanan yang mengandung natrium, gula tambahan, dan lemak jenuh terlalu tinggi.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan LDL

Pola diet yang disusun oleh para ahli dari National Institutes of Health (NIH) ini mengutamakan makanan yang menyehatkan jantung. Menu diet sehat tersebut dirancang dengan tujuan untuk membantu pengidap hipertensi mengontrol tekanan darahnya.

Bukan untuk mengurangi berat badan, tujuan utama diet DASH adalah menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diet ini mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu dua minggu. Selain itu, diet DASH juga dapat mengurangi kadar lemak jahat (LDL) dalam darah. Seperti kita tahu, tekanan darah tinggi dan LDL adalah faktor utama penyebab penyakit jantung dan stroke.

menu diet sehat

Sumber foto: Google

  1. Rekomendasi Menu Sehat pada Diet DASH

Diet DASH lebih mengutamakan jenis makanan yang menyehatkan jantung. Berikut beberapa menu diet DASH yang direkomendasikan di antaranya :

  • Konsumsi buah, sayur, kacang dan biji-bijian.
  • Produk susu rendah lemak, ikan, unggas, dan minyak nabati.
  • Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti produk susu tinggi lemak, daging berlemak, minyak kelapa, dan minyak sawit.
  • Batasi makanan dan minuman manis
  1. Kurangi Asupan Garam

Pola diet satu ini juga membatasi konsumsi natrium yang biasa terkandung pada garam. Natrium memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, konsumsi natrium berlebih juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Dalam diet ini disarankan untuk membatasi konsumsi natrium maksimal 2.300 miligram per hari, atau sekitar satu sendok teh garam.

  1. Tambahkan Asupan Kalium

Karena asupan garam berkurang, maka diperlukan makanan yang mengandung potasium atau kalium. Kalium berfungsi untuk membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga sepakat bahwa meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalium bisa membantu mengurangi tekanan darah jika mengidap hipertensi. Beberapa makanan yang kaya kandungan kalium adalah jus jeruk, kentang, dan pisang.

Menu diet sehat ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cara memperbanyak konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi kalium. Selama rutin mengonsumsi varian makanan yang telah direkomendasikan, pemilik hipertensi dapat menjalani hidup sehat.

Sekarang sudah tahu kan apa itu diet DASH? Selain mengonsumsi menu sehat yang telah ditetapkan, penting juga untuk rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup jalan kaki atau jogging di sekitar kompleks rumah sudah cukup kok.

Tertarik mengikuti pola diet DASH? Yuk mulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Bingung beli bahan makanan untuk menu diet sehat dimana? Tak usah khawatir, di Healthy Choice tersedia aneka bahan pangan yang pasti mendukung pola hidup sehat kamu. Tidak percaya? Langsung saja cek di sini.

 

Baca juga: 5 Pola Hidup Diet Sehat di Tahun 2023, Yuk Bijak Pilih Camilan dan Wajib Sarapan

Baca juga: 9 Makanan Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan, Enak dan Mudah Diolah


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published