Cegah Ketiak Basah dan Bau, Ini Cara Alami yang Bisa Dilakukan

Cegah Ketiak Basah dan Bau, Ini Cara Alami yang Bisa Dilakukan

Deodoran digunakan untuk meminimalisir aroma tidak sedap pada ketiak. Namun, tahukah kamu kalau ada bahan-bahan alami seperti cuka apel yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini? Berikut ini cara mencegah ketiak basah dan bau dengan bahan alami.

Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak

Selain menggunakan deodoran, berikut ini bahan alami yang bisa menghilangkan bau ketiak:

  • Lemon
  • Buah dengan cita rasa asam ini bersifat bakterisida, yang mampu mengurangi pH kulit dan mencegah perkembangan bakteri penyebab bau tak ketiak. Lemon juga bermanfaat mengurangi kelembaban akibat keringat, sehingga ketiak lebih cerah dan bersih.

    Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkan sepotong lemon pada ketiak, biarkan kering, kemudian bilas. Bagi pemilik kulit sensitif, kamu bisa mengoleskan campuran air lemon dan air putih pada ketiak menggunakan kapas. Setelah kering, bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin hingga hasilnya terlihat maksimal.

  • Minyak Kelapa
  • Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang dikenal bisa membunuh bakteri di tubuh, sehingga dapat menghilangkan bau ketiak.

    Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada ketiak. Jika bau ketiak terlalu menyengat, kamu bisa mencampur bubuk asam sitrat dengan air untuk membilas. Setelah kering, kembali oleskan minyak kelapa.

  • Cuka Apel
  • Cuka apel memiliki sifat antimikroba dan bersifat asam, yang bisa membantu menetralkan area ketiak dan membasmi bakteri penyebab bau. Menggunakan cuka apel secara rutin juga bisa mencegah penumpukan bakteri.

    Celupkan kapas ke dalam cuka apel, kemudian oleskan pada ketiak. Setelah kering, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali sehari setelah mandi dan malam sebelum tidur.

    Sumber foto: Google

  • Green Tea
  • Menggunakan teh hijau secara topikal bisa membantu menjaga kulit tetap kulit dan mencegah bakteri.

    Caranya yaitu dengan menggunakan air rebusan teh hijau untuk dioleskan pada bagian tubuh yang berkeringat. Oleskan tiga kali seminggu, hindari penggunaan harian karena bisa menyebabkan kulit terlalu kering.

    Selain itu, rutin mengonsumsi teh hijau juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kamu bisa meminumnya secara teratur saat perut kosong. Kandungan antioksidan dan asam tanat dalam green tea akan membantu mencegah bau ketiak dari dalam.

  • Aloe Vera
  • Aloe vera alias lidah buaya merupakan sumber antioksidan yang memiliki sifat antibakteri. Selain cuka apel, tanaman satu ini juga menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi bau ketiak.

    Meski jus lidah buaya bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh dan mengurangi bau tak sedap, kamu bisa mengoleskannya untuk membasmi bakteri penyebab ketiak bau.

    Oleskan gel lidah buaya pada ketiak, biarkan semalaman, kemudian bersihkan esok paginya. Kamu juga bisa minum seperempat cangkir jus lidah buaya secara rutin setiap hari.

  • Tepung Maizena
  • Cara lainnya yang dengan menggunakan tepung maizena atau tepung jagung. Campurkan 1 sdm tepung jagung dan 1 sdm soda kue dan aduk hingga merata.

    Kamu bisa langsung mengoleskan campuran ini ke ketiak untuk membunuh bakteri dan mencegah bau badan. Campuran ini cukup tahan lama dan bisa membuat ketiak tetap kering selama beberapa jam.

    Itulah beberapa bahan alami untuk mencegah ketiak basah dan bau. Kamu bisa mendapatkan cuka apel murni dan organik di Healthy Choice. Tertarik mencoba tips di atas? Yuk langsung coba sekarang! Jangan lupa kunjungi dulu Healthy Choice di sini.

     

    Baca juga: Camilan Sehat yang Berkhasiat Meningkatkan Kecantikan Kulit

    Baca juga: 5 Keunggulan Gula Aren untuk Kecantikan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published