5 Manfaat Flaxseed untuk Hidup Sehat, Jangan Tunda untuk Mengonsumsinya!

5 Manfaat Flaxseed untuk Hidup Sehat, Jangan Tunda untuk Mengonsumsinya!

Flaxseed atau biji rami adalah salah satu tanaman tertua di dunia. Bijinya berwarna coklat atau keemasan dan berukuran kecil. Manfaat biji rami ternyata cukup banyak lho.

Kini, mengonsumsi biji rami juga semakin mudah karena tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari biji-bijian, bubuk, minyak, hingga tepung. Sebaiknya, konsumsi flaxseed yang sudah digiling atau ditumbuk agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Manfaat Flaxseed Bagi Kesehatan

Orang Mesir kuno menggunakan biji rami sebagai makanan dan juga obat. Biji rami sendiri berasal dari tanaman Flax. Sementara cita rasanya mirip biji wijen, yaitu renyah dan gurih.

Sesuai buku Green Smoothie: Kiat Sehat, Tangkal Penyakit, sekaligus Awet Muda oleh Andang W. Gunawan (2016:17) flaxseed adalah biji-bijian yang sudah digunakan sejak zaman Babilonia. Kandungan didalamnya berupa serat, asam lemak omega-3, dan antioksidan polifenol.

Meski kaya manfaat, namun masih belum banyak orang yang tahu tentang khasiat biji rami. Untuk itu, berikut ini beberapa manfaat flaxseed untuk hidup sehat yang perlu kamu tahu.


  • Memperbaiki Pencernaan
  • Serat pada kulit biji rami, terutama jenis serat larut, dapat membantu mengikat kolesterol dan mencegah penyerapannya di usus. Serat larut ini bekerja dengan cara membentuk gel dalam saluran pencernaan, yang dapat menangkap kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh melalui feses. Hal ini tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol darah tetapi juga mendukung kesehatan jantung. 

    Selain itu, serat membantu meningkatkan pergerakan usus, membuat pencernaan lebih lancar, dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit. Bob's Red Mill Organic Golden Flaxseed Meal adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin menikmati manfaat kesehatan dari biji rami karena kaya akan serat, asam lemak omega-3, dan lignan, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan metabolik.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • The American Heart Association (AHA) menyarankan untuk mangonsumsi makanan yang kaya serat dan omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung. Lignan juga dapat membantu mengurangi resiko kardiovaskular. Nah, flaxseed mengandung seluruh nutrisi yang bagus untuk jantung tersebut.

    Selain itu, makanan sehat satu ini juga mengandung fitosterol yang dapat membantu mencegah kolesterol terserap usus. Makan makanan yang kaya fitosterol dapat membantu menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dalam tubuh.

    Sumber foto: Google

  • Mencegah Peradangan
  • Kandungan asam alfa linolenat (ALA) dalam biji rami merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh. ALA memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh berbagai penyakit, seperti arthritis dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi ALA secara rutin, reaksi peradangan dalam tubuh dapat diminimalkan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  • Menurunkan Risiko Kanker
  • Studi terbaru membuktikan bahwa biji rami mungkin dapat memberikan perlindungan terhadap kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar. Menurut direktur kesehatan dan nutrisi Flax Council of Canada, Kelly C. Fitzpatrick, manfaat tersebut berkat kandungan asam omega-3 dan lignan di dalam flaxseed.

    Pada penelitian terhadap hewan, asam lemak omega-3 atau ALA yang ditemukan di biji rami, dapat mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan tumor.

    Sedangkan lignan akan menghalangi enzim yang terlibat dalam metabolisme hormon, serta mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker maupun sel tumor. Biji rami juga mengandung beberapa komponen lain yang bersifat antioksidan, yang berkontribusi terhadap pencegahan kanker.

  • Menurunkan Berat Badan
  • Kandungan serat yang tinggi pada biji rami, terutama serat larut, dapat membantu menurunkan nafsu makan dengan cara memperlambat proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Ketika serat larut masuk ke dalam saluran pencernaan, ia menyerap air dan membentuk gel, yang memperlambat penyerapan nutrisi dan memperpanjang waktu pencernaan. Ini membantu mengontrol rasa lapar dan mencegah konsumsi kalori berlebih, sehingga mendukung usaha penurunan berat badan.

  • Mengurangi Gejala Menopause
  • Sebelum mengalami menopause, sebagian wanita akan merasakan beberapa tanda seperti sensasi panas di beberapa bagian tubuh, bahkan sampai berkeringat. Gejala yang biasa disebut sebagai Hot flashes ini akan terasa lebih ringan jika mengonsumsi flaxseed secara rutin.

  • Menyehatkan Kulit
  • Kandungan ALA dalam flaxseed oil bisa membantu mengurangi masalah kulit. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan akan tampak lebih halus.

    Manfaat flaxseed di atas bisa didapatkan jika kamu rutin mengonsumsinya. Mulai sekarang makanan sehat satu ini bisa didapatkan dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Jadi, yuk biasakan makan sehat dengan Bob's Red Mill Organic Golden Flaxseed Meal dari sekarang!

     

    Baca juga: Cocok Dikonsumsi saat Diet, Ini Rekomendasi Biji-Bijian Rendah Karbohidrat untuk Menu Diet Sehat

    Baca juga: Harus Coba untuk Hidup Sehat, Ini Daftar Biji-bijian yang Kaya Manfaat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published