Beras Hitam vs Beras Putih, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi

Beras Hitam vs Beras Putih, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi terpenting yang harus ada dalam menu MPASI bayi. Pasalnya, karbohidrat akan memberi asupan energi bagi seluruh organ tubuh bayi demi tumbuh kembangnya. Nah, nutrisi makro ini banyak ditemukan di dalam beras organik.

Ada berbagai jenis beras yang bisa kamu olah sebagai menu makan sehat si kecil, mulai dari beras putih, beras merah, hingga beras hitam. Ya, akhir-akhir ini beras hitam semakin digemari karena disebut memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya karena kandungan seratnya yang tinggi.

Lalu, jenis beras mana yang lebih baik untuk MPASI bayi?

Beras Hitam sebagai MPASI bayi

Beras hitam memang kaya akan kandungan serat, namun ternyata makanan berserat tinggi lebih sulit dicerna oleh bayi. Karena itu beras putih lebih disarankan. Beras hitam sendiri memang mengandung antioksidan, vitamin E, zat besi, protein, dan serat yang lebih tinggi dibanding beras merah. Dalam setengah cangkir beras hitam mengandung sekitar 3 gram serat, sehingga kandungannya cukup tinggi jika diberikan pada bayi.

Manfaat Beras Hitam untuk Anak

beras hitam

Sumber foto: Google

Menurut penelitian, beras berwarna hitam ini disebut sebagai makanan anti kanker. Beberapa studi juga menyebutnya sebagai superfood alias makanan padat nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Bahkan, beras ketan hitam juga disebut sebagai makanan anti kanker. Lantas, apa saja manfaat beras hitam untuk anak? Ini dia daftarnya:

  • Melancarkan Pencernaan
  • Anak-anak biasanya rentan mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit. Nah, beras satu ini bisa menjadi solusinya. Kandungan seratnya yang lebih tinggi dibanding jenis beras lain membuatnya ampuh untuk mencegah sembelit, perut kembung, dan membantu menyerap racun di saluran cerna. Kamu bisa menjadikannya sebagai menu makan sehat saat anak kesulitan buang air besar. Seperti yang kita tahu, pencernaan yang lancar bagus untuk proses metabolisme tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena adanya senyawa flavonoid yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

    Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi antosianin dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) secara signifikan.

  • Bersifat Anti Kanker
  • Antosianin di dalam beras hitam juga bersifat anti kanker. Meskipun berbagai studi menemukan bahwa makanan kaya antosianin dapat menurunkan risiko kanker, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat beras hitam yang satu ini.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata
  • Beras jenis ini mengandung lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi, kedua jenis karotenoid ini berkaitan dengan kesehatan mata.

    Senyawa ini merupakan antioksidan yang membantu melindungi mata dari radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin terbukti dapat membantu melindungi retina, karena mampu menyaring gelombang cahaya biru dari gadget yang berbahaya.

    Ini tentu sangat membantu bukan? Apalagi anak-anak jaman sekarang sepertinya tidak bisa lepas dari penggunaan gadget.

    Penelitian membuktikan bahwa antioksidan berperan penting dalam melindungi mata dari degenerasi makula karena usia yang merupakan penyebab utama kebutaan.

    Dua jenis karotenoid tersebut juga bisa menurunkan risiko katarak dan retinopati diabetik alias kebutaan akibat diabetes.

    Sekarang kamu sudah tahu kan apakah beras hitam boleh dijadikan sebagai MPASI bayi atau tidak. Meski kandungan nutrisinya tinggi, tapi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat ya.

    Selain asupan karbohidrat, pastikan untuk memberi si kecil jenis nutrisi lainnya yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Sekarang kamu bisa mendapatkan beras hitam maupun beras organik lainnya di sini. Healthy Choice juga menyediakan aneka bahan makanan sehat lainnya, lho! Jadi jangan lupa mampir dulu ke websitenya.

     

    Baca juga: Dipercaya Bantu Kendalikan Gula Darah, Begini Cara Penyajian Beras Hitam

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published