Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Anak yang Tak Boleh Dilewatkan

Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Anak yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain rasanya enak dan gampang diolah menjadi aneka hidangan, kacang hijau organik juga punya banyak manfaat kesehatan. Sebab, kacang hijau diketahui tinggi kandungan kalsium, elektrolit, dan vitamin, namun rendah lemak.

Dalam 100 gram kacang hijau organik mengandung sekitar:

  • 323 kalori
  • 23 gram protein
  • 7,5 gram serat
  • 223 mg kalsium
  • 319 fosfor
  • 223 karoten

Selain itu, bahan menu makan sehat satu ini juga diperkaya dengan vitamin A, B, C, E, dan K.

Beragam Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak

kacang hijau organik

Sumber foto: Google

Berkat kandungannya tersebut, mengonsumsi kacang hijau dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan anak, di antaranya:

  • Mendukung Kesehatan Gigi dan Tulang
  • Mungkin banyak mengira kalau kalsium hanya terdapat dalam susu dan produk turunannya seperti keju atau yoghurt saja. Padahal, kacang hijau organik juga mengandung kalsium, lho. Dalam 100 gram kacang hijau memiliki kandungan sekitar 223 mg kalsium.

    Kalsium sendiri adalah mineral yang berfungsi untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi anak. Selain itu, tercukupinya kebutuhan kalsium juga dapat menjaga kesehatan sel saraf, otot, dan jantung anak.

  • Menangkal Radikal Bebas
  • Jenis antioksidan seperti vitexin dan isovitexin yang ditemukan dalam kacang hijau dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel. Terutama, kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

    Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan, kesehatan anak jadi lebih terjaga dan risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan paparan radikal bebas, seperti penyakit jantung, peradangan, bahkan kanker, dapat berkurang.

  • Mencegah Sembelit
  • Kacang hijau organik menjadi pilihan menu makan sehat sehari-hari karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat ini mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga lebih mudah dicerna, sehingga tidak mencegah terjadinya perut kembung.

  • Mencegah Obesitas
  • Selain sembelit, serat dan protein di dalam kacang hijau juga disebut dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan anak jadi lebih terkendali dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

    Meski begitu, jika diolah menjadi es atau bubur yang dibuat tanpa tambahan pemanis atau gula berlebihan, maka kacang hijau organik dapat menjadi salah satu pilihan camilan sehat untuk anak.

    Agar terhindar dari obesitas, selalu terapkan pola hidup sehat lainnya dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan cukup istirahat.

    Selain empat manfaat di atas, kacang hijau diketahui juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini karena kacang hijau kaya akan kalium.

    Nah, itulah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan anak. Melihat kandungan nutrisi dan khasiatnya, mulai sekarang kamu bisa menambahkan kacang hijau ke dalam menu makan sehat harian si kecil.

    Namun, kalau masih ragu atau bingung dengan jenis makanan sehat yang aman dan cocok untuk anak, tidak ada salahnya untuk konsultasi lebih dulu dengan dokter.

    Ingin tahu beli kacang hijau organik yang berkualitas di mana? Sekarang belanja bahan makanan tidak harus ke pasar atau supermarket, karena ada pilihan yang lebih praktis yaitu lewat Healthy Choice. Cukup kunjungi websitenya dan kamu bisa belanja dari rumah, termasuk beli kacang hijau organik yang banyak manfaat ini. Penasaran ada bahan makanan sehat apa saja yang tersedia? Langsung saja klik di sini.

     

    Baca juga: Kacang Hijau Organik: Ini Tips Sehat dan Cantik yang Berguna untuk Wajah

    Baca juga: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Perempuan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published