Sering Jadi Anjuran Dokter, Ini Pilihan Makanan Sehat untuk Cegah Parkinson

Sering Jadi Anjuran Dokter, Ini Pilihan Makanan Sehat untuk Cegah Parkinson

Seperti Alzheimer, Parkinson juga menyerang saraf pusat. Faktor penyebab penyakit Parkinson pun cukup banyak, karena itu penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu mencegahnya.

Umumnya, penyakit Parkinson bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat, di antaranya makanan tinggi antioksidan, hingga biji rami. Namun, seorang pakar kesehatan dan nutrisi asal Jerman, Uwe Grober mengatakan ada beberapa pilihan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah Parkinson, di antaranya:

Konsumsi Makanan yang Tinggi Antioksidan

Antioksidan dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga mampu mencegah terjadinya Parkinson. Berikut beberapa pilihan makanan tinggi antioksidan:

  • Buah Ceri       

Ceri adalah sumber antioksidan alami, khususnya antosianin. Dalam 100 gram ceri segar memiliki skor ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) 4.873. semakin tinggi skor ORAC suatu makanan, maka semakin besar pula efeknya terhadap tubuh.

  • Stroberi
  • Buah ini kaya akan vitamin C, yang sebenarnya adalah salah satu bentuk antioksidan. Selain vitamin C, antioksidan lain yang ada dalam buah stroberi yakni polifenol. Dalam 100 gram stroberi terkandung sekitar 80 miligram vitamin C dengan aktivitas antioksidan cukup tinggi.

  • Blueberry
  • Banyak penelitian menunjukkan bahwa kadar antioksidan blueberry adalah yang tertinggi di antara semua buah dan sayuran. Menurut perhitungan yang dilakukan di Nutrition Journal, dalam 100 gram blueberry memiliki skor ORAC mencapai 9.019 dengan 9.2 mmol antioksidan.

    Makanan sumber antioksidan lainnya yaitu buah blueberry. Banyak penelitian yang melaporkan bahwa kadar antioksidan blueberry merupakan yang tertinggi dari semua buah dan sayuran.

  • Kubis Ungu
  • Setiap 100 gram kubis ungu memiliki skor ORAC 2.496 dengan 2,2 mmol antioksidan. Uniknya, jika direbus skor ORAC kubis ungu bisa meningkat menjadi 3.145.

  • Daun Kale
  • Sudah pernah makan daun kale? Sayuran satu ini wajib ada dalam menu masakan kamu. Sebab, selain kaya vitamin, daun kale juga merupakan sumber antioksidan berupa asam alfa-linoleat. Dalam 100 gramnya terkandung 2,7 mmol antioksidan.

  • Kacang-Kacangan
  • Jenis makanan satu ini dikenal kaya akan antioksidan yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kerusakan otak akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah penanggung jawab atas penurunan kesehatan mental pada pengidap Parkinson.

    Sumber foto: Google
  • Dark Chocolate
  • Dalam 100 gram coklat hitam terkandung sekitar 15 mmol antioksidan dengan skor ORAC mencapai 20.816. Salah satu jenis antioksidan dalam coklat hitam adalah flavonoid.

    Konsumsi Minyak Biji Rami

    Sumber foto: Google

    Mengonsumsi 1-2 sendok makan minyak biji rami setiap hari terbukti dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Kamu bisa menggunakan minyak flaxseed sebagai dressing salad atau menambahkannya ke dalam masakan.

    Selain minyaknya, kamu juga bisa merebus biji rami untuk ditambahkan pada sereal sarapan pagi, yoghurt, biskuit, kue, atau roti sebelum dipanggang.

    Hindari Makanan yang Melalui Banyak Pemrosesan

    Batasi konsumsi sosis, daging kalengan, abon, atau makanan berkarbohidrat yang melalui banyak pemrosesan. Karena makanan yang tinggi protein atau berkarbohidrat lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar untuk meningkatkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Kacang-kacangan, gandum utuh, flaxseed, dan daging bisa jadi pilihan terbaik.

    Nah, itulah pilihan makanan sehat yang dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Selain menerapkan pola makan sehat yang seimbang dan bervariasi, kamu juga perlu berolahraga secara teratur ya.

    Setelah menyimak informasi di atas, sekarang saatnya kunjungi Healthy Choice. Di sini kamu bisa mendapatkan biji rami dan aneka produk bahan makanan sehat lainnya yang bisa dijadikan pilihan konsumsi sehari-hari.  

     

    Baca juga: Tips Hidup Sehat! Bantu Cegah Kanker dan Kurangi Kolesterol dengan Flaxseed
    Baca juga: 5 Manfaat Flaxseed untuk Hidup Sehat, Jangan Tunda untuk Mengonsumsinya!


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published