5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Bau, Pakai Cuka Apel hingga Tomat

5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Bau, Pakai Cuka Apel hingga Tomat

Tak peduli perempuan berhijab atau tanpa hijab, jika kondisi kulit kepala berminyak dan mengeluarkan bau tak sedap itu bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian perempuan. Pasalnya, memiliki kulit kepala yang bau dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.


Penyebab Kulit Kepala Berminyak dan Bau

cuka apel

Sumber foto: Google

Tentu saja banyak faktor yang menyebabkan kulit kepala mengeluarkan bau apek atau asem, bahkan terkadang ketika telah melakukan perawatan rambut rutin. Melansir dari Healthline, penyebab kulit kepala bau adalah, keringat berlebihan, mencuci rambut kurang bersih atau juga over-washing, makanan, infeksi jamur, perubahan hormon, atau bisa jadi karena penggunaan produk rambut.


Untuk mencegah dan mengatasi kulit kepala yang mengeluarkan aroma tidak sedap perlu dilakukan perawatan. Jika belum terlalu parah, tidak harus ke dokter. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Apa sajakah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kepala berbau tak sedap? Dilansir dari StyleCraze, berikut ulasan lengkapnya.


  1. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki aroma yang cukup harum sehingga dapat membuat rambut dan kulit berbau segar. Selain itu, sifat anti-mikroba pada tea tree oil dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau. Caranya, cukup campurkan enam tetes tea tree oil dengan minyak jojoba atau minyak almond manis. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan akar rambut.


Biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan dengan ramuan ini setidaknya 1-2 kali sehari.


  1. Air Lemon

Cara berikutnya bisa anda lakukan menggunakan air lemon. Efek bakterisid dari lemon dapat membantu mengusir mikroba yang menyebabkan rambut berbau tidak sedap. Lemon juga dapat memerangi ketombe, salah satu dari banyak penyebab kulit kepala yang berbau tak sedap.


Caranya, anda cukup mencampurkan dua sendok teh perasan air lemon dengan satu hingga dua cangkir air hangat. Kedua, cuci rambut dengan shampo berformula ringan. Kemudian bilas rambut dan kulit kepala dengan perasan air lemon. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas rambut dengan air biasa. Ulangi proses ini setidaknya dua kali seminggu, dan jangan sampai terkena mata.


  1. Cuka Apel

Cuka apel mengandung sifat anti-bakteri yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memerangi bakteri yang tumbuh di kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala menjadi lebih sehat dan mengeluarkan aroma yang harum. Untuk menggunakan cuka apel sebagai pengusir bau tak sedap pada kulit kepala adalah dengan mencampurkan setengah cangkir sari apel dengan dua gelas air.


Kemudian, cuci rambut dengan shampo berformula ringan menggunakan campuran di atas untuk bilasan akhir. Setelah didiamkan selama sekitar tiga menit, bilas kembali rambut dengan air biasa. Perawatan dengan larutan cuka apel ini dapat dilakukan satu hingga dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

cuka apel

Sumber foto: Google


  1. Sari Tomat

Selain digunakan sebagai bahan masakan, rupanya sari tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang bau. Sari tomat memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau di kulit kepala.


Caranya, pilih tomat berukuran sedang dan peras sarinya. Oleskan sari tomat langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sekitar satu hingga dua kali seminggu.


  1. Minyak Bawang Putih

Bahan alami terakhir yang bisa anda andalkan untuk mengusir bau pada kulit kepala adalah minyak bawang putih. Kandungan anti-bakteri dan anti-jamur dari senyawa sulfur yang terkandung pada bawang putih dapat melawan bakteri penyebab kulit kepala berbau tidak sedap.


Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu perlu menghaluskan empat sampai lima siung bawang putih. Panaskan dengan dua sendok makan minyak kelapa selama beberapa menit. Kemudian saring campuran tersebut untuk mengeluarkan semua minyak di dalamnya.


Itu dia cara mengatasi kulit kepala yang bau menggunakan bahan alami.  Berbagai bahan alami tersebut mudah didapatkan karena umumnya tersedia di dapur rumah. Nah, jika anda membutuhkan cuka apel terbaik, anda bisa mengunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai bahan produk makanan sehat. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Seberapa Efektif Cuka Apel untuk Diet? Ini Faktanya!

Baca juga: Dipercaya Dapat Mempercantik Kulit, Ini Fakta Cuka Apel


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published