5 Keunggulan Gula Aren untuk Kecantikan

5 Keunggulan Gula Aren untuk Kecantikan

Gula aren menjadi salah satu bahan pemanis yang umumnya digunakan untuk menjadi campuran dalam suatu makanan ataupun minuman, bahkan sebagian besar masakan Indonesia menggunakan gula aren sebagai tambahan rasa manis dan gurih dalam sebuah hidangan. Selain rasanya enak, keunggulan gula aren memiliki banyak manfaat, salah satunya gula aren untuk kecantikan.

Manfaat gula aren diperoleh dari bahan yang alami, dimana gula aren berasal dari pohon aren (Arenga Pinnata Merr) melalui proses pembuatan pengendapan air nira. Gula aren ini memiliki rasa karamel yang ringan. Adanya kandungan fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya menciptakan rasa manis yang alami khas dan sehat.

Gula aren memiliki nutrisi yang penting dan baik bagi kecantikan dan kesehatan tubuh, diantaranya vitamin B, Vitamin V, Magnesium, Potasium, Fitonutrien, Fosfor, dan Seng. Selain itu, rutin mengkonsumsi gula aren dapat menambah energi terutama saat anda kelelahan.

Berikut ini Keunggulan Gula Aren untuk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui!

  • Membuat Rambut Sehat dan Berkilau

  • Gula aren untuk kecantikan yang pertama adalah memiliki khasiat yang baik untuk memberi nutrisi bagi rambut anda. Caranya cukup mudah, campuran 2 sendok makan gula aren dan air ke dalam mangkung, lalu oleskan pada rambut selama kurang lebih 10 menit. Bilas rambut dengan menggunakan shampo hingga bersih sampai rambut terasa tidak lengket lagi.

  • Menghilangkan Noda Hitam

  • Gula aren juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan yang dimiliki berkhasiat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Caranya campuran satu sendok makan gula aren bubuk. Satu sendok teh perasan tomat, beberapa tetesan jeruk lemon, dan bubuk kunyit.

    Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga agak kering, bilas dengan air dan keringkan menggunakan handuk bersih secara perlahan. Lakukan cara ini secara teratur minimal sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Mencegah Kanker Kulit

  • gula aren untuk kecantikan

    Kanker kulit merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat disebabkan karena sinar ultraviolet akibat paparan sinar matahari. Gula aren dapat menjadi solusi untuk mencegah kanker kulit, karena adanya kandungan antioksidan yang baik untuk kulit dan memiliki fungsi menangkal radikal bebas serta dapat menghindari berbagai penyakit lainnya.

  • Menghaluskan Kulit

  • Gula aren memiliki asam glikolat yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Cara pengolahannya pun cukup mudah, campurkan 2 sendok teh madu dengan tetesan lemon dan 1 sendok makan gula aren mengental. Oleskan ke seluruh wajah, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

  • Mencegah Timbulnya Jerawat

  • gula aren untuk kecantikan

    Selain menghaluskan kulit, gula merah juga memiliki khasiat yang baik untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Gula merah tidak menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga bisa membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo yang membandel terutama di sekitar area hidung.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published