7 Makanan Baik untuk Kesehatan Ginjal Anda

7 Makanan Baik untuk Kesehatan Ginjal Anda

Minuman kekinian menjadi daya tarik masyarakat saat ini. Berbagai macam minuman manis seperti teh, kopi, dan minuman rasa buah dengan harga yang mahal maupun murah. Namun, minuman manis dapat mempengaruhi gaya hidup dan jika berlebihan dapat merusak organ tubuh, salah satunya adalah organ ginjal. Sehingga anda harus menyeimbangkan dengan makanan baik untuk kesehatan ginjal anda.

Tahukah anda betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya seperti gagal ginjal? Kebiasaan yang baik tentu akan menghasilkan hal yang baik pula. Sebaliknya, jika kita tidak membiasakan diri dengan tidak memperhatikan pola makan yang baik, maka penyakit berbahaya dapat kapan saja menyerang anda. 

Penyakit ginjal dapat disebabkan karena kurangnya cairan tubuh yang harus dicukupi. Sebagian besar masyarakat sering mengabaikan untuk minum air putih dan memilih untuk mengkonsumsi cairan yang memiliki rasa manis. Untuk itu anda anda perlu mengetahui beberapa referensi makanan sehat yang baik untuk kesehatan ginjal.

Beberapa Makanan Baik untuk Kesehatan Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

  • Kembang Kol

  • kesehatan ginjal

    Kembang kol sering kita temukan pada campuran sayur sop. Selain bentuknya yang unik, sayur kembang kol juga memiliki rasa gurih yang unik dan tentunya memiliki banyak nutrisi yang baik, terutama untuk kesehatan ginjal anda. kembang kol mengandung asam folat dan serat yang tinggi.

    Selain itu, sayuran ini mampu membersihkan organ ginjal anda secara alami. Kembang kol memiliki kandungan yang rendah potasium yang aman dikonsumsi penderita ginjal kronis. Sehingga rutin mengkonsumsi kembang kol akan sangat baik bagi penderita penyakit ginjal.

  • Sayur Bayam

  • Sayur bayam merupakan menu makanan pendamping yang tidak hanya enak tapi juga sangat sehat bagi tubuh. Bayam merupakan sumber vitamin A yang diperlukan untuk memproduksi jaringan epitel, yaitu jaringan yang melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih. Fungsinya adalah untuk melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal darah, pembuluh getah bening.

  • Kubis

  • Kubis merupakan sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan ginjal. Dimana sayur kubis memiliki kandungan yang bebas potasium dan aman bagi organ ginjal. Kandungan phytochemical di dalamnya, mampu membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang memicu penyakit kronis seperti penyakit kanker.

    Kubis juga mengandung serat yang tinggi, dilengkapi dengan vitamin B6, C, dan K. Selain itu kubis memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Asparagus

  • kesehatan ginjal

    Asparagus memiliki kandungan asparagin yang mampu membersihkan organ ginjal secara alami. Secara tidak langsung makanan sehat ini mampu mengatasi dan mencegah batu ginjal. Asparagus memiliki kandungan yang dapat menunjang fungsi ginjal bekerja lebih baik. Asparagus juga mengandung serat yang tinggi, dan vitamin A,C, E, dan K.

  • Kacang Hijau dan Kacang Polong

  • Kacang hijau dan kacang polong memiliki kandungan rendah potasium dan kaya akan serat. Serat sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil yang memiliki peran penting dalam mengelola berat badan berlebih dan diabetes. Dimana keduanya merupakan penyebab utama penyakit jantung.

  • Sayur Kale

  • Kale adalah sayuran yang mampu menjaga kesehatan ginjal karena mengandung kalium yang rendah. Sayuran sehat ini juga mengandung vitamin A dan C, serta kalsium dan mineral yang dapat membantu fungsi normal ginjal.

  • Paprika Merah

  • kesehatan ginjal

    Paprika merah merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal, dimana paprika merah memiliki kandungan rendah kalium yang dapat menjaga kesehatan organ ginjal. Selain itu mengkonsumsi paprika merah juga aman bagi pengidap penyakit ginjal. Sayuran ini juga dilengkapi dengan vitamin A, B6, dan C.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published