Makanan sehat yang baik untuk pengidap penyakit diabetes

Makanan sehat yang baik untuk pengidap penyakit diabetes

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah yang ada dalam tubuh kita. Diabetes umumnya terjadi karena konsumsi makanan yang kurang sehat secara rutin dan juga tidak didukung dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga anda perlu memperhatikan seluruh makanan yang anda konsumsi.

Pola makan sehat akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh anda. konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta menghindari makanan yang berminyak, dapat mengembalikan kondisi tubuh yang prima kembali. Hal ini juga akan sangat berpengaruh kepada aktivitas anda sehari-hari. Dengan begitu anda dapat menghindari penyakit diabetes.

Penyakit ini cukup dianggap berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya timbul. Sehingga seseorang yang sedang menderita penyakit diabetes diwajibkan menjaga pola makan serta rutin berolahraga dengan rutin. Adapun beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi penderita penyakit diabetes.

Beberapa Contoh Makanan Sehat untuk Diabetes

  • Rutin Mengkonsumsi Telur

  • makanan sehat

    Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sering kita temukan di berbagai olahan masakan. Mulai dari makanan berat seperti nasi goreng, telur omelet, tahu telur, hingga olahan makanan manis seperti kue, martabak, dan lain sebagainya. Telur juga memiliki banyak manfaat dalam sebuah masakan.

    Faktanya telur dapat dijadikan sebagai salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mengubah ukuran dan bentuk kolesterol jahat (LDL). Serta dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Mengkonsumsi telur secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

  • Mencoba Memakan Ikan Berlemak

  • Ikan berlemak akan sangat mudah anda temukan. Ikan berlemak diantaranya adalah salmon, teri, ikan sarden, herring, dan sebagainya. Dimana semua jenis ikan ini merupakan sumber omega 3 DHA dan EPA, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsi lemak yang cukup juga sangat penting bagi penderita diabetes untuk menghindari risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Manfaatkan Penggunaan Minyak Zaitun Extra-virgin

  • makanan sehat

    Minyak zaitun seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan tambahan dalam salad sayur. Dimana minyak ini merupakan salah satu olahan makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi penting dan baik bagi kesehatan tubuh. Minyak zaitun juga tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

    Khususnya minyak zaitun extra-virgin yang memiliki kandungan asam oleat, sejenis lemak tidak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan manajemen glikemik. Mengurangi kadar trigliserida khususnya pada saat berpuasa dan pasca makan. Minyak zaitun extra-virgin juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

  • Mengkonsumsi Sayur-sayuran dan Buah-buahan

  • Sayuran-mayur menjadi salah satu makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Terutama sayuran yang berwarna hijau yang memiliki gizi dan rendah kalori. Selain itu sayuran ini juga sangat rendah karbohidrat yang dapat dicerna atau karbohidrat yang diserap oleh tubuh yang secara signifikan mempengaruhi gula darah.

    Bayam dan kangkung merupakan beberapa contoh sayuran hijau yang kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit diabetes. Selain itu sayur brokoli juga mampu membantu pengelolaan kadar gula darah.

    Selain sayur-sayuran, buah stroberi juga merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk penderita diabetes. Dimana buah ini diperkaya dengan adanya antioksidan yang tinggi yang dikenal sebagai anthocyanin. Buah stroberi mengandung polifenol yang merupakan senyawa bermanfaat dengan sifat antioksidan. Buah stroberi juga mengandung kalori, karbohidrat dan serat.

  • Jadikan Kacang sebagai Cemilan Sehat

  • makanan sehat

    Disela waktu makan, anda dapat menjadikan kacang sebagai cemilan yang sehat. Dimana kacang memiliki vitamin B yang tinggi, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, serta serat. Kacang juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang baik untuk mengobati penyakit diabetes.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published