5 Tips Pola Hidup Sehat untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang, Bisa Dilakukan Setiap Hari

5 Tips Pola Hidup Sehat untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang, Bisa Dilakukan Setiap Hari

Supaya bisa bergerak dengan baik, kita membutuhkan otot dan tulang yang sehat dan kuat. Jika tulang mengalami pengeroposan atau patah, pergerakan pun tidak dapat berjalan dengan baik. Kamu juga akan mengalami gangguan kemampuan untuk bergerak karena tulang yang patah menyebabkan nyeri dan masalah kronis lain.

Cara Alami Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kerusakan pada tulang sering kali terjadi karena cedera atau kecelakaan. Namun, penyebab utama dari gangguan kesehatan tulang adalah pengeroposan. Kalau tulang tidak keropos dan kuas, meski kamu jatuh sekalipun, kemungkinan mengalami retak atau patah akan kecil. Karena itulah kita disarankan untuk meningkatkan kepadatan tulang secara alami. Bagaimana caranya?

  • Perbanyak makan sayuran
  • Memperbanyak konsumsi sayuran, terutama sayuran berwarna hijau dan kuning atau oranye memberikan manfaat untuk tulang. Selain sumber vitamin C, sayuran ini juga memberikan nutrisi lain yang membantu pembentukan tulang pada anak-anak dan mencegah pengeroposan.

    Mengonsumsi sayuran secara rutin akan mencegah tubuh mengambil kalsium dari tulang. Berdasarkan penelitian terhadap wanita menopause, sayuran terbukti bisa mencegah penggerusan kepadatan tulang sehingga tubuh tetap sehat meskipun usia terus bertambah.

  • Konsumsi Biji Rami
  • Biji rami atau flaxseed kaya akan asam lemak omega-3, kalsium, lignan, dan fosfor yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Omega-3, khususnya asam alfa linolenat (ALA), mampu mengatasi peradangan kronis yang mengakibatkan osteoporosis dan kehilangan tulang.

    Sumber foto: Google

    Selain itu, biji rami juga memiliki kandungan magnesium yang dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan pembentukan DNA. Manfaat biji rami untuk kesehatan tulang, antara lain yaitu:

    • Meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang
    • Meningkatkan ketebalan dan luas permukaan tulang
    • Menambah kandungan mineral dalam tulang
    • Membantu pembentukan struktur tulang
    • Mencegah osteoporosis

  • Konsumsi makanan tinggi kalsium
  • Pengeroposan tulang terjadi jika kalsium dalam tubuh perlahan-lahan terkikis. Pengikisan tersebut terjadi karena tubuh kurang asupan kalsium. Kalau tidak ingin mengalami pengeroposan tulang, cara terbaik untuk mencegahnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sumber kalsium.

    Makanan yang tinggi kandungan kalsium adalah susu, keju, yogurt, ikan sarden, sayuran berdaun hijau (kale, bayam, kangkung, dll), dan kacang polong.

  • Cukupi kebutuhan vitamin K2, D, dan Omega-3
  • Vitamin K2 banyak terkandung dalam keju dan natto (makanan fermentasi dari kedelai khas Jepang) yang bermanfaat untuk mencegah hilangnya kalsium. Selain itu, vitamin K juga dapat membantu penyerapan mineral dalam tubuh.

    Sementara vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika tubuh mengalami defisit vitamin D, makan penyerapan kalsium pun akan sulit. Jadi, meski kamu minum susu, kalsium tetap sulit terserap dengan optimal.

    Mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3 juga dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Karena nutrisi ini akan membantu menjaga kepadatan tulang. Kamu bisa mendapatkan asupan omega-3 dari ikan berlemak seperti tuna dan salmon. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi flaxseed alias biji rami.

  • Rutin latihan beban
  • Kalau selama ini kamu jarang olahraga, atau biasanya hanya jalan kaki dan jogging saja, sebaiknya lakukan angkat beban dari sekarang. Dengan latihan angkat beban kamu akan mendapatkan berat badan ideal, kemampuan tubuh meningkat dan fungsi tulang bisa membaik.

    Rutin melakukan angkat beban akan meningkatkan ketebalan tulang dan mencegah pengeroposan. Ukuran tulang dapat meningkat, inflamasi dalam tubuh pun juga menurun. Selanjutnya, otot bertambah dan kehilangan kalsium akan menurun. Lakukan latihan beban setidaknya tiga kali dalam seminggu dan sesuaikan dengan kemampuanmu, ya.

    Itulah cara alami meningkatkan kekuatan tulang yang bisa kamu lakukan. Jadi, mulai sekarang yuk perbanyak konsumsi makanan sehat di atas, seperti biji rami dari Healthy Choice untuk meningkatkan kesehatan tulang!

     

    Baca juga: Kaum Millenials, Ini Alasan Flaxseed Wajib Masuk Dalam Menu Sehat Harian

    Baca juga: 5 Manfaat Flaxseed untuk Hidup Sehat, Jangan Tunda untuk Mengonsumsinya!


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published