Tips Hidup Sehat: Aneka Masker Lentil Bikin Kulit Cerah Alami, Kaum Gen Z Wajib Coba

Tips Hidup Sehat: Aneka Masker Lentil Bikin Kulit Cerah Alami, Kaum Gen Z Wajib Coba

Lentil adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari Timur Tengah dan Mediterania. Kacang lentil mungkin masih terdengar cukup asing di telinga orang Indonesia. Bukan tanpa alasan, makanan pokok di Amerika Serikat selama Perang Dunia II ini jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padahal, lentil sangat tinggi protein sehingga biasa dijadikan sebagai pengganti daging oleh para vegetarian.

Lentil juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh, di antaranya polifenol, fitosterol, isoflavone, lektin, dan saponin.

Selain dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari, kacang lentil juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. Beberapa manfaatnya yaitu, sebagai:

  • Pembersih kulit, kacang lentil kaya akan serat yang dapat membantu detoksifikasi kulit dan membuatnya terlihat lebih bersih.
  • Pemutih alami, manfaat lentil lainnya yaitu membantu menyamarkan noda jerawat dan bekas luka.
  • Eksfoliator alami, lentil bisa digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tampak halus dan bersih.

Masker Alami dari Kacang Lentil

Sumber foto: Google

Selain sebagai makanan sehat yang penuh nutrisi, kacang lentil ternyata bisa dijadikan sebagai masker alami untuk mengatasi beberapa masalah kulit berikut ini.

  • Masker Kulit Kering dan Kulit Berminyak
  • Masker alami dari lentil untuk kulit kering sangat mudah dibuat, kamu hanya perlu merendam dua sendok teh kacang lentil merah dalam susu selama satu malam. Tapi kalau kamu pemilik jenis kulit berminyak, sebaiknya rendam dalam air mawar saja.

    Esok paginya, haluskan lentil yang telah direndam tersebut hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan masker ke seluruh wajah dan leher hingga merata. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

  • Masker untuk Menghilangkan Rambut Halus di Wajah
  • Masker satu ini berfungsi untuk menghilangkan rambut halus di wajah sekaligus mencerahkan kulit. Caranya, rendamlah 100 gram kacang lentil merah, 50 gram bubuk sandalwood, dan bubuk jeruk dalam susu selama satu malam. Pada esok pagi, haluskan seluruh bahan hingga membentuk pasta yang lembut.

    Oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada wajah dan diamkan hingga kering, sekitar 15-20 menit. Setelah masker kering, pijat dan gosok perlahan dengan gerakan memutar sampai lapisan masker terangkat. Kamu juga bisa memijatnya dengan menggunakan minyak zaitun. Terakhir, bilas dengan air dingin.

  • Masker untuk Kulit Kusam
  • Untuk membuat masker kulit kusam, hal pertama yang harus dilakukan adalah memanggang lentil lebih dahulu. Lalu tambahkan kulit jeruk kering dalam jumlah yang sama, kemudian haluskan seluruh bahan hingga lembut. Berikutnya, tambahkan susu. Oleskan masker pada kulit wajah secara merata, kemudian diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

    Masyarakat Indonesia memang masih jarang mengonsumsi lentil. Namun setelah mengetahui segudang manfaatnya, tak ada salahnya kalau kamu mulai mencoba menyimpan bahan satu ini di rumah sebagai konsumsi sehari-hari maupun masker wajah.

    Meski memberikan banyak manfaat, kandungan serat dalam lentil yang cukup tinggi berpotensi menyebabkan perut kembung apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal atau sesak napas. Jadi, sebelum mengonsumsinya pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan ya.

    Tertarik dengan kacang lentil? Sekarang kamu bisa mendapatkan lentil dengan mudah melalui Healthy Choice. Di Healthy Choice juga tersedia aneka bahan-bahan lain yang bisa diolah sebagai pilihan makanan sehat maupun masker perawatan wajah, seperti kacang lentil merah ini.


    Baca juga: 7 Kreasi Menu Sehat dari Lentil, Kacang Mungil yang Kaya Nutrisi

    Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Bantu Kecilkan Miom


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published