Apakah Minum Air Jahe Merah saat Perut Kosong Berbahaya? Ini Faktanya!

jahe merah

Jahe merah adalah jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan maupun obat herbal berkat kandungan nutrisi dan senyawa sehat di dalamnya. Umumnya orang-orang menggunakan jahe merah sebagai obat herbal yang diolah dengan cara direbus dan dikonsumsi airnya.


Selain itu, jahe merah juga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat melengkapi perawatan untuk berbagai penyakit. Antioksidan yang tinggi dalam jahe juga berguna untuk mengembalikan kerusakan sel dan menghilangkan racun atau sebagai detoks tubuh. 


Meskipun memiliki cita rasa yang pedas, nyatanya khasiat air jahe merah semakin bermanfaat jika dikonsumsi saat perut kosong. Dilansir dari indiatvnews, menurut para ahli cara terbaik untuk mendapatkan manfaat jahe merah, adalah mengonsumsinya saat masih perut kosong. Kandungan vitamin C, fosfor, zat besi, seng, kromium, mangan dan kalsium dapat bekerja secara maksimal, terlebih jika dikonsumsi di pagi hari.


Manfaat Minum Air Jahe untuk Kesehatan

jahe merah

Sumber foto Google

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tak ada masalah jika meminum air jahe merah dalam keadan perut masih kosong. Bahkan ada beberapa manfaat potensial jika rutin dikonsumsi, antara lain:


1.Merawat Peradangan

Peradangan merupakan salah satu reaksi alami tubuh dalam mempertahankan diri. Kuman, bahan kimia, dan pola makan yang buruk biasanya dapat menyebabkan peradangan dan membahayakan tubuh. Oleh karenanya, pola makan dan gaya hidup diperlukan untuk melawan peradangan kronis.


2.Sebagai Antioksidan

Senyawa antioksidan pada jahe merah dapat membantu mencegah penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif (Seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington), kanker, dan gejala penuaan. 


Dengan rutin mengonsumsi jahe merah, hal ini dapat mencegah atau memperlambat gagal ginjal serta pertumbuhan tumor. Selain itu, jahe merah juga dapat mengendalikan beberapa jenis kanker.


3.Menjaga Kadar Gula Darah

Jahe merah dapat menahan gula darah pada pengidap diabetes. Dengan begitu jahe dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes.


4.Mengurangi RIsiko Kolesterol

Selain menahan gula darah, jahe merah juga dapat mengurangi gejala penyakit jantung seperti kolesterol LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida.


5.Bantu Menurunkan Berat Badan

Air rebusan jahe merah juga dapat membantu menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan pola makan dan olahraga rutin. Jahe mampu menekan obesitas secara optimal. Dengan mengonsumsi air jahe merah setelah makan siang, rasa kenyang akan bertahan lebih lama, sehingga dapat mengurangi porsi makan harian.


Nah, itulah penjelasan tentang meminum jahe merah saat perut masih kosong. Faktanya, dalam kondisi tersebut justru sangat menguntungkan, terlebih ketika di pagi hari. Pasalnya kandungan sehat pada jahe merah dapat terserap secara maksimal.


Bagaimana, tertarik untuk mengonsumsi jahe merah? Jangan lupa kunjungi Healthy Choice, untuk membeli jahe merah. Klik di sini untuk mendapatkan produk makanan organik terlengkap dan bermutu. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Kondisi Tubuh yang Tak Dianjurkan Konsumsi Jahe Merah

Baca juga: Tips Mudah Meredakan Migrain, Benarkah Jahe Merah Lebih Ampuh


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published