Cegah Penuaan Dini, Ini Cara Hilangkan Kerutan di Wajah dengan Cuka Apel

cuka apel

Setiap orang pasti ingin memiliki penampilan yang awet mudah, terutama pada wajah. Tak heran bila banyak orang rela melakukan berbagai cara mulai dengan menggunakan skincare, perawatan di klinik kecantikan, bahkan sampai operasi plastik.


Ciri-ciri penuaan di wajah biasanya timbul kerutan. Jika sudah demikian, biasanya sebagian orang akan melakukan treatment demi menghilangkan kerutan di wajah sehingga kulit wajah terlihat kencang dan halus.


Namun, sudah pasti menggunakan produk kecantikan hingga treatment ke dokter membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi untuk kamu yang ingin mencoba cara alami dan lebih praktis, kamu bisa mengandalkan cuka apel.


Benarkah Cuka Apel Dapat Menghilangkan Kerutan?

cuka apel

Sumber foto: Google

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel. Sebab, bahan alami ini seringkali dijadikan pilihan untuk diet dan bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu manfaat cuka apel. Padahal, jika digunakan dengan rutin dan tepat, cuka apel dapat membantu mencegah tanda penuaan dini, hingga kamu bisa terlihat awet muda.


Dikutip dari laman disway cuka apel memiliki banyak khasiat, tak heran jika sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu. Mulai dari kalangan kerajaan, bangsawa, sampai saat ini. Nah, salah satu manfaat cuka apel untuk kecantikan adalah sebagai berikut:


1.Menyeimbangkan pH kulit

2.Mencegah terjadinya kerutan

3.Mengurangi kemunculan jerawat

4.Menyamarkan flek hitam membandel

5.Membantu mengecilkan ukuran pori wajah


Sebagai informasi, cuka apel mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu meregenerasi kulit, mulai dari asam asetat, AHA, hingga asam malat. Lantas, bagaimana cara memakai cuka apel untuk menghilangkan kerutan di wajah? Nah berikut ini panduan yang bisa diikuti.


Bahan yang Disiapkan:

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya aman bagi kulit, ada baiknya siapkan beberapa bahan berikut ini:


  • 1 sendok cuka apel
  • 1 sendok madu
  • 1 sendok air mineral
  • 1 mangkuk masker
  • 1 kuas masker berbulu lembut
  • 1 handuk bersih

Perlu diketahui, kandungan asam pada apple cider vinegar dapat membantu mengurangi kerutan serta garis halus yang muncul di wajah, dan menyamarkan flek hitam. Sedangkan, campuran madu dapat membantu memaksimalkan efeknya.


Sebab, kandungan alami pada madu juga dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Adapun penambahan air mineral adalah untuk mengurangi tingkat keasaman pada cuka apel. Sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi atau kemerahan pada beberapa jenis kulit. Ketiga bahan diatas sangat mudah ditemukan.


Cara Menggunakan Cuka Apel:

Jika bahan-bahan sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah tahap pemakaian cuka apel. Berikut panduan lengkapnya:


  • Setelah masker dibuat dengan campuran bahan yang sudah disebutkan diatas. Kamu bisa mulai menggunakannya.
  • Namun, sebelumnya bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air bersih.
  • Gunakan micellar water atau cleansing balm untuk mengangkat sisa make up yang tertinggal.
  • Kemudian keringkan wajah dengan handuk hingga kering.
  • Ambil masker, aduk terlebih dahulu dan oleskan secara perlahan ke seluruh area wajah.
  • Hindari bagian mulut dan mata agar tidak terjadi iritasi.
  • Diamkan selama 15 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan kamu secara rutin memakainya, yakni 2-3 kali dalam seminggu. Namun, jika kamu merasakan efek samping saat memakai cuka apel. Misalnya iritasi, perih, atau gatal, sebaiknya kamu hentikan pemakaian.


Nah, jika kamu membutuhkan apple cider vinegar atau cuka apel untuk mengurangi kerutan di wajah dan sekaligus menghaluskan kulit. Kamu bisa kunjungi Healthy choice, atau klik di sini untuk berbelanja.

 

Baca juga: Dipercaya Dapat Mempercantik Kulit, Ini Fakta Cuka Apel

Baca juga: Benarkah Cuka Apel Bisa Sebabkan Diare? Ini Penjelasannya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published