Ini Manfaat Jahe Merah Di Balik Kelezatan Saat Makan Sushi

jahe merah

Siapa nih yang doyan banget makan sushi? Bagi kamu yang doyan banget menikmati makanan ala Jepang ini, pasti sudah sering melihat jahe merah yang disajikan di meja restoran. Tak kalah sehat dengan jahe putih, jahe merah juga memiliki banyak manfaat sehat yang bisa kamu nikmati. 


Jahe merah, atau yang dikenal dengan jahe sunti memiliki ciri fisik yang sangat terlihat yaitu kulitnya yang berwarna merah. Jahe merah dikenal memiliki kandungan sehat seperti gingerol, flavonoid, antibakteri, dan anti peradangan yang baik untuk kesehatan tubuh. 


Selain itu, banyak cara untuk menikmati jahe merah seperti menjadikannya minuman atau yang paling populer adalah untuk campuran makan sushi. Tapi, apakah kalian sudah mengetahui fungsi dan manfaat jahe merah saat makan sushi?  Ini dia alasan yang harus diketahui.


Fungsi Jahe Merah saat Makan Sushi

Tak hanya sebagai hiasan atau mempercantik piring sushi, jahe merah yang disediakan di piring memiliki manfaat bagi kamu penggemar sushi. Jahe merah yang disediakan oleh pihak restoran sushi bertujuan untuk menyegarkan rongga mulut ketika kamu bersantap sushi.


Bukan berarti dimakan bersamaan dengan sushi, namun jahe merah sebaiknya dikonsumsi secara terpisah dengan sushi yang kamu santap. Umumnya jahe merah akan disantap pada akhir santapan sushi atau bisa kamu santap setelah kamu mengonsumsi satu sushi ke sushi yang lainnya.


Sering kali mulut terasa kurang segar karena efek dari sushi yang umumnya berbahan daging mentah. Itu sebabnya, mengonsumsi jahe merah setelah mengonsumsi sushi dapat membersihkan rongga mulut dan sekaligus menyegarkan mulut sehingga rasa amis dari daging ikan dapat hilang secara maksimal. Selain itu, jahe merah memiliki fungsi baik untuk kesehatan tubuh.


Ketahui Manfaat Sehat Jahe Merah

jahe merah

Sumber foto: Google

Setelah mengetahui fungsi jahe merah yang disajikan pada tiap menu sushi, kamu juga perlu mengetahui manfaat lain dari jahe merah untuk kesehatan. 


1.Jahe Merah Dapat Mencegah Masalah Pencernaan

Jahe merah merupakan salah satu rempah yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri karena mengandung antibakteri.  Itu sebabnya, jahe merah selalu dikombinasikan dengan makanan sushi yang umumnya dicampur dengan daging mentah.


2.Bisa untuk Menangkal Mual atau Mabuk

Buat kamu yang pertama kali mencicipi sushi dan merasa mual karena belum terbiasa dengan rasanya, jahe merah bisa jadi alternatif untuk meredakan mual. Selain mual karena sushi, kamu juga bisa mengandalkan jahe merah sebelum melakukan perjalanan agar tidak mabuk atau mual.


3.Mengurangi Nyeri Otot

Tak hanya untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, rutin mengonsumsi jahe merah juga dapat meredakan nyeri otot dan sendi. Jahe merah mengandung antiperadangan yang dapat membantu melawan peradangan akut maupun kronis dalam tubuh sehingga bisa membantu mengurangi leukotrien dan prostaglandin di dalam tubuh yang dapat memicu peradangan.


4.Meningkatkan Kesuburan pria

Banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan pria. Namun, tak perlu khawatir, jahe merah dapat membantu para pria untuk tingkatkan kesuburan. Pasalnya, kandungan antioksidan pada jahe merah cukup tinggi, dimana kandungan tersebut dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron pria.


Itu dia fungsi jahe merah yang selalu menjadi saji pelengkap saat makan sushi. Pastinya, selain untuk menyegarkan mulut, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jahe merah. Nah, jika kamu butuh jahe merah berkualitas sebagai kebutuhan sehari-hari, kunjungi healthy choice, atau klik di sini untuk berbelanja selengkapnya.

 

Baca juga: Jahe Merah Dipercaya Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria. Cek Faktanya

Baca juga: Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published