Benarkah Minyak Zaitun Ampuh Obati Jerawat? Ini Faktanya

minyak zaitun

Selain menjadi bahan makanan sehat, minyak zaitun juga dikenal sebagai salah satu obat alami penghilang jerawat. Bahkan, minyak zaitun juga diyakini dapat memudarkan bekas jerawat. Apakah benar? Simak faktanya di bawah ini.

  1. Kandungan pada Minyak Zaitun

Minyak alami yang berasal dari ekstrak buah zaitun ini mengandung 14% lemak jenuh, sedangkan 11% lainnya merupakan lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6.

Selain itu, minyak satu ini juga memiliki kandungan asam oleat, yang termasuk lemak tak jenuh. Asam oleat tersebut membentuk sekitar 73% dari keseluruhan kandungan minyak.

Kandungan tersebut terbukti mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Bahkan, sifat anti peradangan tersebut juga didukung oleh kandungan antioksidan, yakni oleocanthal yang diklaim bekerja seperti ibuprofen. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga membantu mengurangi radikal bebas di tubuh.  

  1. Apakah Minyak Zaitun Bisa Mengobati Jerawat?

Jerawat terjadi karena produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati. Jika kedua penyebab jerawat ini bertemu dengan bakteri yang menginfeksi sumbatan, maka akan muncul rasa sakit. Sebagian orang percaya bahwa minyak zaitun mampu meredakan peradangan tersebut.

Namun faktanya, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak zaitun bisa digunakan sebagai obat jerawat. Meski bersifat anti-radang, sejauh ini penelitian tentang minyak zaitun berfokus pada organ tubuh, seperti jantung.

Oleh karenanya, belum bisa dipastikan apakah minyak zaitun benar bermanfaat untuk kulit berjerawat dan bekasnya. Tapi, tak ada salahnya kalau kamu ingin mencoba khasiat minyak ini, asal sudah dikonsultasikan dengan dokter, ya.

minyak zaitun

Sumber foto: Google

  1. Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit

Meski belum terbukti bisa digunakan sebagai obat jerawat alami, namun minyak zaitun cukup efektif untuk mengangkat bekas make up di wajah. Termasuk untuk mengangkat riasan di mata.

Walaupun belum diketahui apakah minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat jerawat alami, bahan ini cukup bermanfaat untuk mengangkat bekas riasan di wajah.

Hal inilah yang nantinya membantu mencegah jerawat. Sebab, membersihkan kulit wajah dengan minyak zaitun tidak membuat kulit kering.

Berbeda dengan pembersih berbahan dasar alkohol yang bisa menyebabkan kulit wajah kering. Kalau kamu merasa cocok dengan minyak yang biasa dikonsumsi oleh pelaku pola hidup sehat ini, jangan menggunakannya terlalu sering.

Jika mengalami iritasi, seperti ruam dan gatal setelah menggunakan minyak zaitun, sebaiknya segera hentikan penggunaannya.

Tips Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit

Minyak satu ini memang belum terbukti ampuh untuk mengobati jerawat secara alami. Tapi kamu masih bisa menggunakannya sebagai pembersih make up dengan catatan:

  • Pakailah minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) tanpa campuran apapun.
  • Setelah menggunakannya, langsung bilas wajah dengan sabun dan air.
  • Jangan biarkan minyak menempel pada kulit wajah terlalu lama.
  • Pastikan tidak ada sisa minyak di kulit wajah.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari risiko munculnya komedo dan jerawat. Kalau ingin lebih aman, kamu bisa mengonsultasikannya lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan solusi paling tepat.

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus merawat kecantikan kulit dari dalam. Caranya, mulailah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan olahraga secara rutin. Kamu bisa mulai mengganti minyak sawit dengan minyak zaitun yang terbukti lebih menyehatkan bagi tubuh.

Ingin minyak zaitun yang berkualitas? Yuk langsung cek di sini.

 

Baca juga: Minyak Kelapa Virgin Coconut Oil Dipercaya Bisa Hilangkan Stretch Mark, Ini Mitos dan Faktanya

Baca juga: Kegunaan dan Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published