Bisa Dicoba, Begini Cara Tingkatkan Asupan Gandum Saat Diet

diet sehat

Menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga adalah kunci keberhasilan menurunkan berat badan. Selain mengurangi porsi makan, pemilihan makanan sehat juga penting seperti gandum perlu ditingkatkan. Mengapa gandum atau rolled oat whole grain baik untuk orang yang sedang diet?


Mengapa Gandum Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Biji-bijian merupakan satu dari sekian jenis makanan sehat yang kerap ada di menu diet. Tak heran, bila makanan ini dikategorikan sebagai sumber karbohidrat kompleks yang penuh vitamin dan mineral lainnya.


Banyak jenis biji-bijian yang sering dikonsumsi setiap hari, namun jenis biji-bijian yang paling digemari untuk diet adalah gandum utuh. Bagaimana tidak, sejumlah kandungan pada gandum utuh dipercaya baik untuk orang yang menjalani diet.


Mengandung Serat yang Mengenyangkan

Alasan gandum kerap kali dilibatkan dalam diet sehat yakni berkat kandungan serat di dalamnya. Pasalnya, konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu tubuh lebih cepat kenyang dan mencegah anda makan berlebih. Sementara, gandum utuh merupakan bagian dari biji-bijian yang kaya akan serat yang baik untuk program diet. Bahkan hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal.


Studi tersebut membuktikan bahwa konsumsi biji-bijian utuh daripada biji-bijian olahan meningkatkan asupan serat dan zat gizi lainnya. Selain itu, anak-anak atau orang dewasa yang memenuhi rekomendasi asupan gandumnya terbukti memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah.


Jadi, konsumsi makanan yang mengandung gandum utuh memang baik untuk menurunkan berat badan. Namun, penting untuk mengatur porsinya agar tidak kelebihan asupan serat. Jika anda sudah mengetahui kebaikan gandum untuk diet, bagaimana cara agar bisa mendapatkan asupannya yang cukup? Berikut ini beberapa tips diet dengan meningkatkan asupan gandum sehat.


diet sehat

Sumber foto: Google


  • Memilih Gandum Utuh
  • Umumnya ada banyak jenis gandum dan biji-bijian yang tersedia di pasaran. Tetapi, tidak semuanya baik untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih produk gandum utuh yang ditandai dengan tulisan 100% whole grain pada kemasan. Selain itu, pastikan tepung gandum utuh atau gandum utuh lainnya merupakan bahan dasar utama produk tersebut. Berikut beberapa contoh jenis gandum utuh yang biasa orang beli, antara lain:


    • Pasta
    • Roti gandum
    • Oatmeal
    • Quinoa
    • Soba
    • Popcorn

  • Mengonsumsi Gandum saat Sarapan
  • Jika sudah berhasil memilih gandum yang baik untuk menurunkan berat badan, jangan lupa pikirkan juga bagaimana mengatur jenis makanan ke dalam pola makan. Umumnya, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi gandum sebagai menu sarapan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gandum. 


    Anda juga bisa memilih quino atau oatmeal dengan tambahan susu rendah kalori atau yoghurt tanpa pemanis tambahan. Jika memungkinkan, anda bisa membuat sandwich dari roti gandum yang diperkaya dengan daging tanpa lemak dan sayuran.


    Selain lebih praktis, sarapan dengan gandum membantu anda mencapai berat badan yang diinginkan.


  • Mengombinasikan Makan Siang dengan Gandum
  • Jika anda tidak sempat sarapan dengan gandum, anda bisa mengonsumsinya sebagai makanan pokok saat makan siang. Cara ini cukup ampuh untuk anda yang biasa makan nasi putih. Alih-alih nasi putih cobalah menggantinya dengan beras coklat atau pasta yang terbuat dari gandum.


    Lalu, campurkan pasta gandum, keju, tomat, paprika, dan irisan daging sebagai menu makan siang saat diet. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan gandum utuh sebagai tambahan dalam sup atau salad, seperti barley.


  • Menikmati Gandum sebagai Camilan Sehat
  • Tak hanya dimasukan dalam menu makanan berat, anda juga bisa menggunakan gandum utuh sebagai camilan yang sehat saat diet. Bagaimana bisa? Pada saat anda diet tentu masih diperbolehkan untuk ngemil, asalkan pilihan makanan dan porsinya sesuai.


    Ada banyak camilan sehat untuk menurunkan berat badan dalam melakukan diet sehat, mulai dari buah-buahan hingga popcorn dengan gandum utuh. Jika bosan, anda bisa membuat kreasi kue gandum buatan sendiri. Gunakan tepung gandum atau oat sebagai bahan dasar untuk membuat muffin, cupcake, waffle, atau penekuk yang bisa anda buat.


  • Memperhatikan Asupan Gandum
  • Meskipun gandum utuh direkomendasikan untuk diet, pastikan porsinya tidak melebihi batas. Pasalnya, terlalu banyak mendapatkan asupan serat dari gandum dan biji-bijian utuh juga bisa memicu sejumlah masalah pencernaan. Maka dari itu selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika ingin menambahkan gandum utuh dalam program menurunkan berat badan.


    Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan gandum saat diet. Jika anda ingin membeli produk makanan diet sehat seperti gandum utuh, beras merah dan berbagai biji-bijian, anda bisa mengunjungi Healthy Choice. Klik di sini untuk berbelanja.

     

    Baca juga: Seberapa Aman Konsumsi Roti Gandum Saat Asam Lambung Naik? Ini Penjelasannya untuk Hidup Sehat

    Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published