Bisa Jadi Obat Tipes, Ini Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Bisa Jadi Obat Tipes, Ini Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Pernah terserang penyakit tipes? Atau justru kamu sedang sakit tipes? Sudah tahu belum ada makanan yang direkomendasikan untuk penyakit ini? Salah satunya adalah cuka apel. Lalu, apa saja jenis makanan lainnya yang baik dikonsumsi penderita tipes? Simak ulasan di bawah ini dulu yuk!

Tipes merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang menyerang hampir 100.000 masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Oh ya, Sudah tahu belum kalau tipes dan tifus itu berbeda? Tipes diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, sedangkan tifus (typus) disebabkan oleh infeksi bakteri Orientia tsutsugamushi. Selain itu, faktor penyebarannya juga berbeda. 

Tipes disebarkan lewat makanan atau minuman yang terpapar bakteri penyebabnya. Sedangkan tifus tersebar melalui kotoran hewan atau gigitan tungau debu pembawa bakteri yang mengenai luka terbuka pada tubuh.

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Tipes

Seperti penyakit lainnya, pasien tipes juga diharuskan untuk mengonsumsi makanan tertentu agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Makanan yang tinggi kandungan kalori, protein, asam lemak omega-3, dan bertekstur lunak adalah jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasien tipes selama masa penyembuhan.

Selain itu, penderita tipes juga disarankan untuk makan makanan yang rendah serat. Sebab, menurut penelitian yang dirilis American Journal of Nursing, makanan tinggi serat justru dapat mengiritasi usus yang tengah mengalami peradangan. Nah, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita tipes: 

  • Cuka Apel
  • Salah satu gejala tipes adalah demam tinggi. Untuk membantu menurunkan demam akibat tipes, kamu bisa mengonsumsi cuka apel. Campuran cuka apel dengan madu diklaim ampuh untuk mengurangi berbagai gejala tipes, termasuk demam tinggi.

    Larutkan 1 ½ sendok teh cuka apel dan madu ke dalam satu gelas air hangat, lalu minum 2-3 kali sehari hingga tipes sembuh.

  • Kentang Tumbuk (Mashed Potato
  • Makanan yang memiliki tekstur lunak ini mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti karbohidrat dan protein. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan proses penyembuhan tipes. Sebab, zat-zat yang terdapat di dalam kentang berperan penting sebagai sumber energi bagi tubuh, dan juga melindungi sistem pencernaan dari infeksi lebih lanjut.

  • Bubur 
  • Ngomongin soal makanan untuk pasien tipes, maka jenis makanan satu ini pantang dilewatkan. Bubur merupakan makanan yang paling disarankan untuk penderita tipes selama proses penyembuhan.

    Teksturnya yang lunak dengan kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan, terutama usus, yang sedang dalam kondisi tidak sehat untuk mencerna makanan dengan lebih mudah.

    makanan sehat

    Sumber foto: Google

  • Alpukat
  • Mendapat julukan ‘superfood’, alpukat mengandung karbohidrat, mineral, dan asam lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh.

    Alpukat sendiri memang sudah sejak lama dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan beberapa jenis penyakit, termasuk tipes. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung maupun dijadikan smoothie dengan tambahan setengah sendok teh cuka apel.

  • Ayam
  • Daging ayam, terutama bagian dada, adalah makanan yang disarankan untuk sakit tipes. Sebab, dada ayam lebih rendah serat, rendah lemak, tapi kaya kalori dan protein.

    Pada satu porsi dada ayam terkandung 170 Kkal dan 25 gram protein. Kamu bisa mengombinasikan dada ayam dengan menu makan sehat lainnya, seperti mashed potato atau bubur agar lebih menggugah selera. 

  • Telur
  • Salah satu kriteria makanan bagi pengidap tipes yaitu tinggi kandungan protein. Telur merupakan sumber utama protein, sehingga makanan ini wajib masuk dalam menu sehari-hari saat sakit tipes.

    Selain itu, berbagai kandungan senyawa penting lainnya dalam telur seperti asam lemak amino esensial, zat besi, dan kalsium membuatnya sangat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien tipes.

    Itulah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk pengidap tipes. Agar terhindar dari penyakit ini, jangan lupa selalu terapkan pola hidup sehat. Selain itu, selalu pastikan kebersihan makanan atau minuman yang kamu konsumsi. 

    Agar kehigienisan makanan maupun minuman lebih terjamin, tidak ada salahnya untuk memasak sendiri di rumah. Salah satu jenis makanan untuk penyakit tipes, yaitu cuka apel bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Lebih praktis dan efisien karena kamu bisa belanja bahan makanan sehat dari manapun cukup dengan klik di sini.

     

    Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Booster ASI, Lebih Sehat dan Lancar Menyusui

    Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Pengidap Dispepsia


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published