Bolehkah Pengidap Asam Lambung Mengkonsumsi Gula Kristal?

Bolehkah Pengidap Asam Lambung Mengkonsumsi Gula Kristal?

Sebelum terlalu jauh, baca dulu informasi tentang gula kristal berikut ini ya. Gula kristal putih (GKP) berasal dari tebu murni yang memiliki kadar ICUMSA 200-300. Tingginya kadar ICUMSA gula kristal putih dikarenakan pengolahannya yang belum optimal. Meski begitu, gula ini aman dikonsumsi langsung. Ciri khasnya teksturnya kasar dengan bentuk seperti kristal dan sedikit kecoklatan.

Sedangkan gula kristal mentah yang sudah mengalami penyaringan atau pemurnian disebut sebagai gula rafinasi. Karena sudah melewati proses pemurnian, gula jenis ini pun berwarna sangat putih dan butiran kristalnya lebih kecil.

Apakah Gula Aman Bagi Pengidap Asam Lambung?

Ada beberapa makanan yang sebaiknya memang harus dihindari jika anda memiliki gangguan refluks lambung atau GERD. Kondisi ini biasanya membuat dada terasa panas akibat asam lambung naik ke tenggorokan. Penyebab paling umum dari masal asam lambung ini adalah buah-buahan asam seperti jeruk dan tomat serta minuman bersoda. Lalu, apakah gula kristal aman bagi penderita GERD?

Sekilas Tentang Asam Lambung

Refluks asam lambung yaitu aliran balik asam lambung yang diakibatkan oleh otot sfingter (otot yang memisahkan kerongkongan dengan lambung) melemah. Ini adalah kondisi normal dan sesekali bisa dialami oleh siapapun.

Sedangkan GERD merupakan gangguan pencernaan kronis yang ditandai dengan seringnya terjadi kenaikan asam lambung dan berkelanjutan. Artinya, GERD yaitu kondisi refluks asam lambung yang lebih kronis atau parah.

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita GERD

gula kristal

Sumber foto: Google

Jika Anda memiliki gangguan refluks asam lambung, sebaiknya kurangi atau hindari minuman dan makanan di bawah ini.

  • Kafein (kopi, teh, coklat)
  • Minuman bersoda
  • Coklat batangan, termasuk dark chocolate dan milk chocolate
  • Daun mint, bombay dan bawang putih
  • Jeruk (lemon, jeruk nipis, jeruk manis, jeruk bali)
  • Tomat dan produk yang terbuat dari tomat karena bersifat asam
  • Makanan pedas dan berlemak
  • Gorengan
  • Susu tinggi lemak
  • Daging tinggi lemak
  • Alkohol

Benarkan Asam Lambung Bisa Naik karena Gula?

Jawabannya tidak! Gula dalam bentuk paling murni pun tidak mengakibatkan kenaikan asam lambung. Meskipun begitu, beberapa makanan yang mengandung gula bisa memicu asam lambung. Sehingga orang sering salah paham bahwa gula menyebabkan asam lambung naik.

Beberapa makanan pemicu asam lambung di atas memiliki kandungan senyawa yang dapat melonggarkan stingfer, atau otot cincin kerongkongan. Sehingga asam lambung lebih mudah kembali mengalir ke atas.

Misalkan kafein dalam kopi, teh, atau methylxanthine dan teobromin yang ada di dalam coklat. Sementara minuman bersoda dan buah jeruk bersifat asam yang bisa mendorong peningkatan produksi asam lambung.

Singkatnya, anggapan kalau gula menyebabkan asam lambung naik itu salah ya. Karena makanan pemicu itulah yang bisa menyebabkan kenaikan asam lambung. Sebab itu, Anda harus menghindari atau membatasi konsumsi makanan berlemak, coklat, permen dan lainnya.

Nah, salah satu tempat yang tepat untuk membeli gula paling tepat adalah di Healthy Choice. Tersedia berbagai pilihan, salah satunya adalah gula kristal sorgum. Dibuat dari 100% nira batang sorgum yang bebas gluten dengan rasa smokey corn.

Dengan kadar GI 50, gula ini pun aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda bisa menjadikannya sebagai pemanis makanan maupun minuman. Selain itu juga aman untuk diet karena rendah kalori dan mengandung serat dan protein tinggi. Cocok untuk pelaku gaya hidup sehat nih!

 

Baca juga: Benarkah Beras Coklat Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Faktanya

Baca juga: Cemilan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Hobi Ngemil Tapi Lagi Diet


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published