Daftar Cemilan Ibu Hamil yang Baik untuk Kesehatan Janin

cemilan ibu hamil

Bingung cari cemilan ibu hamil yang sehat dan baik untuk janin? Simak baik-baik dulu ya informasinya di sini!

Ada banyak pilihan camilan sehat untuk ibu hamil. Namun disarankan untuk lebih teliti dalam melihat berbagai kandungan gizi di dalamnya. Sehingga camilan tersebut bukan sekedar mengenyangkan tapi juga menyehatkan.

Cemilan tinggi gula dan lemak seperti biskuit, es krim, minuman bersoda dan kue memang menggoda. Tapi sebaiknya batasi camilan jenis ini, sebab tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Daftar Cemilan Ibu Hamil yang Menyehatkan Janin

cemilan ibu hamil

Sumber foto: Google

Cemilan yang sehat untuk ibu hamil harus memiliki kandungan berbagai nutrisi, seperti zat besi, asam folat, vitamin dan protein. Beberapa camilan yang bisa menjadi pilihan di antaranya:

  • Yoghurt
  • Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk gigi dan tulang bagi ibu hamil sekaligus janin. Selain itu, ada juga kandungan prebiotik yang merupakan bakteri baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

    Sebagai camilan, Anda bisa mengkonsumsi yoghurt plain dengan tambahan buah segar, kacang dan kismis. Bisa juga menjadikannya sebagai smoothies dengan campuran beberapa buah dan sayuran.

  • Alpukat
  • Agar kebutuhan asam folat terpenuhi, ibu hamil bisa menjadikan alpukat sebagai camilan. Alpukat mengandung folat alami yang cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan risiko cacat lahir pada sumsum tulang belakang dan otak.

    Selain folat, alpukat juga memiliki lemak sehat yang mendukung perkembangan otak janin. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Atau bisa juga menjadikannya sebagai pengganti mentega pada roti. 

  • Jus Jeruk
  • Jus jeruk mengandung asam folat dan kalium yang dapat mencegah kelainan pada janin. Selain itu, nutrisi tersebut juga membantu menjaga metabolisme dan fungsi otot. 

    Vitamin C di dalam jus jeruk juga berguna untuk mencegah pilek, mendorong penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan gigi serta tulang pada ibu hamil maupun janin yang dikandung.

  • Ubi
  • Ubi mengandung vitamin B, C, kalium, zat besi, mineral copper (tembaga) dan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Janin sangat membutuhkan vitamin A untuk pembentukan kulit, mata dan tulang.

  • Oatmeal
  • Kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, oatmeal membuatnya sangat baik dikonsumsi selama hamil. Bukan itu saja, oatmeal juga mengandung mineral zinc dan magnesium cukup tinggi. Magnesium di dalam oatmeal bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh, saraf dan otot. Sedangkan kandungan zinc di dalamnya berguna dalam mendukung pertumbuhan serta pembentukan DNA janin.

  • Edamame
  • Edamame bisa menjadi camilan sehat ibu hamil karena mengandung vitamin B dan asam folat yang tinggi. Kandungan berbagai mineral di dalamnya seperti magnesium, zat besi zinc dan tembaga juga sangat bagus untuk perkembangan janin. Untuk menikmatinya, Anda bisa merebus edamame dan tambahkan sedikit garam.

    Selama kehamilan, Anda mungkin merasa lebih cepat lapar. Tapi, bukan berarti Anda harus makan untuk dua orang. Pola makan yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi setiap hari.

    Penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi dalam makanan yang disantap. Nah, untuk mendapatkan berbagai bahan makanan tinggi gizi hingga organik, Anda bisa membelinya di Healthy Choice.

    Salah satu yang camilan sehat yang bisa Anda dapatkan di sini snack bar, terbuat dari oats utuh, coklat dan selai kacang berkualitas tinggi yang enak. Dengan kandungan sekitar 6 gram protein dan gula kurang dari 9 gram setiap bar-nya, menjadikan camilan satu ini sangat cocok sebagai camilan sehat yang bisa dimakan kapanpun.

     

    Baca juga: 

    Baca juga: 


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published