Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Jelang Usia 30-an

pola hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat saat semakin bertambahnya usia memang penting dilakukan. Ini karena kondisi tubuh yang bugar bisa membuat kita beraktivitas dengan lancar dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Terlebih bagi yang mulai memasuki usia 30 tahun. Kenapa penting?

Karena di usia ini kita akan mengalami perubahan tubuh. Mulai dari menurunnya kepadatan tulang hingga massa otot. Pola hidup pun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Menerapkan hidup sehat di usia 30-an sebenarnya juga cukup mudah dilakukan.

Ingin tahu tips menjaga pola hidup sehat yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang usia 30-an? Simak infonya di bawah ini ya! 

Aktif Bergerak

Apakah kamu sudah bergerak hari ini? Kalau belum, kebiasaan satu ini harus mulai kamu lakukan. Aktif bergerak menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh di usia 30-an. 

Yang paling mudah, kamu bisa memilih sesekali berdiri daripada duduk terlalu lama, naik tangga ketimbang menggunakan lift atau sering berjalan. Kebiasaan ini memang sederhana, tapi jika dilakukan secara rutin akan memberi manfaat bagi kesehatan.

Rutin Olahraga

Berolahraga secara rutin mungkin menjadi salah satu tips menjaga pola hidup yang klasik dan sering kamu dengar. Tapi, kebiasaan ini memang sangat membantu kamu untuk mewujudkan badan yang bugar dan sehat. 

Menurut laman Women’s Health Magazine, seseorang berusia 30-an cenderung berisiko kehilangan kepadatan tulang hingga massa otot jika tidak melakukan apa-apa. Inilah yang membuat olahraga secara rutin sangat penting dilakukan. Sebab, bisa membantu meningkatkan metabolisme dan mengembalikan massa otot. Tidak harus olahraga yang berat kok, kamu bisa melakukan pilates atau yoga sebagai rutinitas kebugaran. 

Membiasakan Diri untuk Relaksasi

Memasuki usia 30-an seringkali menjadi momen ‘sibuk’ bagi seseorang karena harus menangani bisnis, karir hingga keluarga. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kesehatan mental juga tidak boleh dilupakan. Salah satunya yaitu dengan membiasakan diri untuk relaksasi.

Berdasarkan Very Well Health, relaksasi menjelang usia 30-an sebaiknya mulai dibiasakan dan menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Carilah cara untuk bisa rileks dan lepas dari stress sesuai kebutuhan dan kesenanganmu. Dengan melakukan kebiasaan ini, diharapkan kesehatan mental bisa terjaga dan mengurangi resiko terserang penyakit di kemudian hari.

Sadar Akan Pentingnya Kesehatan

Tidak kalah penting dari tips menjaga pola hidup sehat sebelumnya, selalu menyadari pentingnya kesehatan adalah bagian terpenting untuk memperoleh tubuh yang bugar. Apalagi bagi seseorang yang sudah menginjak usia 30-an. Usia ini diketahui lebih rentan terserang penyakit darah tinggi, diabetes atau kolesterol.

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Konsumsi Makanan Sehat

Tips satu ini dilakukan dari dalam tubuh. Caranya yaitu memilih dan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Dua jenis makanan paling sehat adalah sayur dan buah.

Jadi jangan lupa untuk menambahkan kedua jenis makanan ini ke dalam menu sehari-hari. Membiasakan diri mengonsumsi sayur dan buah sejak saat ini bisa membantu kamu mendapatkan tubuh sehat di masa depan. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa tips menjaga pola hidup sehat yang mesti kamu lakukan. Nah, untuk mendapatkan aneka makanan sehat, kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice. Berbagai macam bahan pangan bisa kamu dapatkan tanpa khawatir soal kualitasnya. Salah satunya aneka mie sehat yang terbuat dari sari sayuran. 

 

Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Membantu Memperlambat Penuaan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published