Cegah Anemia, Ini Rekomendasi Minuman Penambah Darah untuk Pola Hidup Sehat

Cegah Anemia, Ini Rekomendasi Minuman Penambah Darah untuk Pola Hidup Sehat

Selain makanan sehat, ada beragam minuman sehat penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia. Bahkan minuman-minuman ini mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau bahkan bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah.


Seperti yang kita ketahui, Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau sel darah tersebut tak berfungsi dengan baik. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal dan yang paling umum adalah kekurangan zat besi. Maka dari itu, menjaga pola hidup sehat sangat penting untuk mencegah Anemia.


Pasalnya, kekurangan zat besi sebenarnya dapat diatasi maupun dicegah dengan mencukupi kebutuhan zat besi setiap hari. Salah satunya dengan meningkatkan asupan zat besi melalui konsumsi minuman penambah darah. 


Daftar Minuman Sehat Penambah Darah

pola makan sehat

Sumber foto: Google

Saat ini sudah banyak minuman penambah darah yang beredar di pasaran. Bahkan kita bisa membuatnya sendiri, namun perlu diketahui bahwa minuman penambah darah yang baik adalah mengandung nutrisi yang dapat mendukung pembentukan sel darah merah, misalnya zat besi, asam folat, vitamin C dan vitamin B12. Nah, berikut ini minuman penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia.


1.Sari Kacang Hijau

Selain dijadikan menu makan sehat harian, kacang hijau organik juga bisa diolah menjadi minuman penambah darah. Sari kacang hijau mengandung banyak zat besi yang dapat mendukung produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi kacang hijau maupun sarinya bisa menyebabkan perut kram, sering kentut, maupun kembung. Untuk cegah anemia, anda cukup minum sari kacang hijau sebagai menu sarapan atau camilan sehat di antara waktu makan.


2.Jus Buah

Jus buah salah satu pilihan minuman penambah darah yang rasanya nikmat. Anda bisa mengolahnya menjadi jus buah penambah darah, dengan buah seperti alpukat, plum, dan murbei. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan, anda bisa menambahkan buah sumber vitamin C ke dalam jus. Seperti buah jeruk, kiwi, jambu merah, dan stroberi.


3.Jus Sayur

Tak hanya dari buah-buahan, jus sebagai minuman penambah darah juga bisa dibuat dari berbagai sayuran yang mengandung zat besi, seperti tomat, brokoli, bayam, dan asparagus. Selain itu, anda juga bisa membuat jus sayuran dengan campuran buah agar lebih nikmat.


4.Susu

Minuman penambah darah berikutnya adalah susu. Di mana susu memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai minuman penambah darah. Bahkan 1 gelas susu atau sekitar 250 ml bisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa.


Maka dari itu, mencukupi asupan vitamin B12 dapat mencegah dan mengatasi anemia, karena vitamin ini memiliki peran penting dalam proses pematangan sel darah merah yang masih muda.


5.Santan

Umumnya santan digunakan sebagai bahan untuk membuat masakan. Namun, sari dari parutan daging kelapa ini juga dapat langsung diminum. Santan bisa dijadikan minuman penambah darah karena mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Bahkan satu kemasan santan atau sekitar 250 ml umumnya mengandung 7 mg zat besi. Anda bisa mencampurkan santan dengan jus buah atau menambahkannya ke dalam es cincau atau kolang kaling agar terasa lebih nikmat.


Namun, harus diingat, santan juga mengandung banyak lemak dan kalori. Maka dari itu, jangan mengonsumsinya terlalu banyak atau terlalu sering.


Nah, itulah beberapa minuman penambah darah yang bisa anda nikmati. Selain mengonsumsi minuman penambah darah, anda juga bisa mencukupi asupan dari beragam makanan penambah darah, seperti kacang-kacangan, hati sapi, serta daging merah agar terhindar dari anemia. 


Pastinya, jaga pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi menu makan sehat setiap hari. Agar semakin rutin anda bisa membeli produk makanan sehat di Healthy Choice. Klik di sini untuk mencari camilan sehat dan makanan sehat lainnya.

 

Baca juga: Selain Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel

Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published