Cemilan Ibu Hamil Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Janin

camilan sehat

Perempuan yang sedang hamil harus selalu menjaga kondisi supaya tubuh dan janin tetap dalam keadaan sehat. Menjaga kesehatan dengan maksimal bisa mengurangi hal-hal buruk yang bisa terjadi pada ibu hamil, apalagi pada kehamilan trimester pertama. Selain rutin mengontrol kesehatan janin ke dokter kandungan, tidak ada salahnya juga mengimbangi dengan makanan yang kaya akan nutrisi.

Daftar Cemilan Ibu Hamil yang Bagus untuk Janin

camilan sehat

Sumber foto: Google

Menjaga pola makan tetap teratur dan mengontrol segala jenis makanan yang dikonsumsi, dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan kecerdasan bayi. Sayang, ibu hamil sering kali tidak berselera untuk makan makanan berat seperti nasi dan lauknya.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena bisa diimbangi dengan makan camilan sehat. Penasaran apa saja cemilan ibu hamil yang mendukung kesehatan janin? Simak daftarnya yuk!

  • Ubi
  • Ubi juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat ibu hamil. Ubi adalah makanan penuh serat dan gizi. Selain itu, juga ada kandungan vitamin B6, C, potasium, zat besi dan beta-karoten.

    Kandungan didalamnya ini sangat bermanfaat untuk perkembangan tulang, mata dan kulit pada bayi. Bahkan mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian.

  • Pisang
  • Pisang adalah salah satu buah tropis yang disukai oleh banyak orang. Mengingat rasanya yang enak dan manis, pisang juga dapat diolah menjadi aneka makanan sehat dan enak.

    Pisang mengandung karbohidrat, vitamin C, B6, serat, kalium, potasium, magnesium, folat dan mangan. Nutrisi ini menjadikannya sebagai salah satu asupan bergizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

    Beberapa manfaat yang diperoleh saat mengkonsumsinya yaitu mencegah radikal bebas, mengatasi sembelit, meringankan kram kaki dan morning sickness hingga mengurangi resiko lahir cacat pada bayi.

  • Alpukat
  • Cemilan ibu hamil yang sehat selanjutnya yaitu alpukat, yang dikenal kaya akan asam folat. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena membantu menjaga kesehatan janin.

    Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi alpukat yakni menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol kolesterol, meredakan kram kaki, mendorong penyerapan nutrisi, meredakan morning sickness dan meningkatkan perkembangan otak janin.

  • Susu dan Produk Olahannya
  • Cemilan ibu hamil lainnya yaitu susu serta produk turunannya. Susu dan produk turunannya seperti yogurt mengandung kalsium yang membantu perkembangan tulang pada janin. Selain itu, protein, kalsium dan probiotik di dalamnya juga bisa membantu memelihara bakteri baik.

    Bakteri ini bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh hingga sistem cerna. Kondisi sembelit yang umum dialami oleh ibu hamil ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi yoghurt karena membantu melancarkan pencernaan.

  • Oatmeal
  • Bukan hal baru lagi kalau oatmeal termasuk dalam daftar camilan sehat untuk ibu hamil. Hal ini karena kandungan nutrisinya seperti vitamin B6, serat dan protein yang tinggi.

    Makan semangkuk oatmeal sebagai sarapan akan memberikan energi ekstra, terlebih saat merasa lelah atau mual di pagi hari. Nutrisi di dalam oatmeal ini juga bagus lho untuk perkembangan janin.

  • Kacang-Kacangan
  • Ketika hamil, beberapa wanita biasanya mengalami gangguan pencernaan seperti wasir atau susah buang air besar (konstipasi). Karena itu, kamu disarankan lebih banyak mengonsumsi kacang-kacangan. 

    Selain memiliki serat yang bagus untuk pencernaan, cemilan sehat ibu hamil satu ini juga mengandung kalsium, zat besi, folat dan zinc.

    Itulah beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin, salah satu nya oatmeal bob's red mill atau kacang-kacangan organik yang berkualitas, sekarang kamu bisa membelinya di Healthy Choice. Langsung cek yuk!

     

    Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda

    Baca juga: 5 Bahan Makanan Organik yang Mudah Diolah untuk Menu Diet Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published