Benarkah Gula Aren Bisa Cegah Obesitas Sejak Dini?

gula aren

Hampir semua makanan maupun minuman membutuhkan gula sebagai cita rasa manis. Biasanya, kita menggunakan dua jenis gula sebagai pemanis makanan, yaitu gula pasir dan gula aren. Meskipun fungsinya sama, tetapi kandungan dan cita rasa kedua gula ini berbeda.

Gula putih alias gula pasir terbuat dari kristalisasi tebu dengan jumlah kalori cukup banyak. Sementara, gula aren terbuat dari nira dan kandungan kalorinya lebih sedikit.

Apakah Gula Aren Bisa Mencegah Obesitas?

Dilansir dari Bold Sky, gula aren lebih sehat ketimbang gula pasir karena kandungan kalorinya yang lebih sedikit. Selain itu, gula aren juga mengandung vitamin C, B1, asam folat hingga zat besi. Oleh sebab itu, mengkonsumsinya secara rutin bisa menjaga sistem imun tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Obesitas alias kelebihan berat badan merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi gula aren. Karena, gula satu ini mengandung potasium yang mampu membantu menurunkan berat badan.

Apa Saja Manfaat Gula Aren Lainnya?

gula aren

Sumber foto: Google

Selain itu, kandungan bioaktif di dalamnya juga dapat mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi gula nira secara rutin bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mencegah kelebihan berat badan.

  • Mengurangi Nyeri Haid
  • Hampir Semua wanita pernah merasakan nyeri saat menjelang menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi otot pada rahim yang diakibatkan oleh hormon prostaglandin. Rasa nyeri itu semakin terasa kuat ketika mendekati masa menstruasi.

    Untuk meredakannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula aren. Adanya kandungan flavonoid di dalam gula aren sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

  • Menambah Energi
  • Manfaat gula aren lainnya yaitu untuk menambah energi. Ketika merasa lesu dan kurang bersemangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari, cobalah konsumsi gula aren. Pasalnya, di dalam gula aren terdapat karbohidrat yang diyakini dapat meningkatkan energi.

    Saat seseorang mengkonsumsinya, keberadaannya bakal diubah menjadi glikogen yang akan disimpan pada otot yang berguna sebagai energi pada tubuh. Selain itu, kandungan ini juga dibutuhkan oleh jaringan tubuh lainnya.

  • Mengatasi Anemia
  • Bagi para penderita anemia sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Nah, gula aren adalah salah satu yang dapat memenuhi kebutuhan itu.

    Jika zat besi dalam tubuh tidak cukup, maka tubuh tidak mampu memproduksi zat dalam sel darah merah yang bertugas membawa asupan oksigen. Inilah penyebab tubuh jadi lebih mudah lelah dan pusing.

  • Aman bagi Penderita Diabetes
  • Gula aren mengandung inulin atau serat makanan yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah. Artinya, indeks glikemik di dalam gula aren yang rendah ini cenderung lebih aman untuk pengidap diabetes.

    Selain itu, kandungan fruktosanya juga cukup rendah, sehingga akan dikonsumsi penderita diabetes asalkan tidak berlebihan.

  • Menangkal Radikal Bebas
  • Manfaat gula aren selanjutnya yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas di dalam tubuh jika tak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. 

    Salah satu cara untuk menangkalnya yaitu dengan mengkonsumsi gula aren. Hal ini karena kandungan senyawa di dalam gula nira yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin bisa membantu mencegah radikal bebas.

    Jadi selain mencegah obesitas, gula aren juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan. Nah, untuk mendapatkan gula aren organik kamu bisa membelinya di Healthy Choice.

     

    Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Sehat dari Olahan Gula Aren

    Baca juga: Diet Gluten Free Baik untuk Tubuh, Cek Kegunaannya Berikut ini!


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published