Ampuh Mencegah Asam Lambung, Ini Sarapan Sehat yang Harus Dikonsumsi

sarapan sehat

Orang yang menderita gastroesophageal reflux disease (GERD) tidak boleh makan sembarangan. Ada beberapa menu sarapan sehat yang cocok dikonsumsi agar asam lambung tidak naik.

Meskipun sama-sama memiliki GERD, belum tentu makanan pemicu asam lambung yang kamu alami akan dengan penderita lain. Karus harus bisa mengenali makanan apa saja yang dapat memicu asam lambung naik.

Berikut ini rekomendasi menu sarapan pagi sehat yang aman dan cocok untuk pemilik GERD agar asam lambung tidak naik.

  • Jus atau Buah Rendah Asam
  • Baik buah potong atau jus biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Tetapi, orang dengan GERD tentu harus berpikir dua kali karena tidak jarang, buah justru menjadi pemicu asam lambung naik.

    Sebenarnya, penderita GERD tetap bisa mengkonsumsi buah sebagai sarapan. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, sebaiknya hindari buah-buahan asam seperti jeruk, nanas, kiwi dan lainnya.

    Buah-buahan dengan asam tinggi ini akan menyebabkan mulas dan mengaktifkan enzim pepsin pada pencernaan yang dapat merusak lapisan kerongkongan. Sebaiknya, pilihlah buah yang rendah asam seperti pisang, apel, blewah atau semangka.

  • Sayuran Hijau
  • Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kale bisa menjadi pilihan menu sarapan yang sehat bagi penderita GERD. Karena sayuran berdaun hijau mampu menetralkan asam pada lambung.

    Isi piring kamu dengan sayur rebus dan beberapa potong ayam sebagai salad pada pagi hari. Ingin menu sehat lainnya? Iris bayam dan kale lalu tambahkan jamur serta kacang polong, kemudian diolah menjadi omelet. Hhmm, yummy!

  • Putih Telur
  • Roti tawar gandum dan telur rebus memang tampak sederhana, namun sudah cukup untuk mengisi perut pada pagi hari. Telur matang memang pas dijadikan berbagai menu, baik direbus, digoreng maupun ditumis menjadi orak-arik.

    Namun bagi penderita GERD sebaiknya hindari bagian kuning telur. Kenapa? Karena kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi dan berisiko memicu asam lambung naik.

    sarapan sehat

    Sumber foto: Google

  • Ubi
  • Sesekali ganti menu sarapan roti atau nasi dengan ubi. Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan nutrisi. Ini merupakan menu sarapan pagi sehat yang cocok bagi penderita GERD.

    Namun, tetap perhatikan cara penyajiannya. Jika memasak ubi dengan cara menggorengnya, kamu justru ‘menambah’ banyak lemak sehingga memicu asam lambung naik. Cara terbaik dan paling aman untuk mengkonsumsinya yaitu dengan merebus atau mengukusnya.

  • Susu Almond atau Kedelai
  • Makan sereal tidak harus dengan susu sapi kok. Kamu bisa menggunakan susu almond atau kedelai sebagai alternatif lainnya.

    Ingat, tidak semua susu yang berasal dari kacang mempunyai kadar pH yang sama. Misalnya susu kacang mede yang dianggap bisa memicu produksi asam dan menyebabkan refluks asam ketika sarapan.

  • Oatmeal
  • Sarapan oatmeal kerap diidentikan dengan mereka yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebih. Oatmeal juga ramah bagi penderita GERD.

    Studi menunjukkan oatmeal lebih rendah terhadap risiko asam lambung naik. Selain oatmeal, sarapan kaya serat lainnya yang aman bagi penderita GERD adalah roti biji-bijian dan nasi.

    Untuk mendapatkan oatmeal berkualitas dan organik, kamu bisa membelinya di Healthy Choice. Ada Bob's Red Mill Oatmeal Classic yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

     

    Baca juga: 5 Olahan Sorgum yang Bisa Menjadi Snack Sehat Harian

    Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published