Daftar Makanan Sehat yang Membantu Memperlambat Penuaan

makanan sehat

Alam telah menyediakan berbagai bahan makanan yang bisa merawat dan meremajakan tubuh. Tidak ada salahnya untuk memperhatikan asupan makanan ataupun minuman sedini mungkin. Ini untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini. Daftar makanan sehat untuk memperlambat penuaan pun wajib ada dalam menu harian.

Tapi, apa sih yang terjadi dalam proses penuaan?

Saat usia semakin bertambah, tubuh juga mengalami perubahan. Beberapa fungsi tubuh mulai menurun, misalnya kekebalan tubuh, otot, penglihatan, pendengaran hingga metabolisme dan kognitif. Ini bisa terjadi karena melemahnya sel-sel di dalam tubuh.

Sebagian orang bisa mengalami penuaan lebih cepat karena gaya hidup atau faktor genetik. Penuaan akibat gaya hidup tidak sehat seperti pola makan tidak sehat, kurang berolahraga atau sering terpapar polusi disebut sebagai penuaan dini.


Daftar Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan Dini

makanan sehat

Sumber foto: Google

Meski proses penuaan alami tak dapat dicegah atau dihentikan, namun dengan mengubah gaya hidup, penuaan dini pun bisa dihindari.

  • Alpukat
  • Buah ini ternyata bermanfaat untuk mencegah terjadi penuaan dini. Mengandung lemak tidak jenuh dan serat, alpukat membantu menjaga kesehatan jantung hingga mencegah kanker. Rutin mengkonsumsinya juga dapat membantu menurunkan kolesterol. 

    Selain itu, buah yang lezat ini juga tinggi vitamin E yang mampu mendorong produksi kolagen supaya kulit tetap cerah dan kenyal.

  • Delima Merah
  • Tidak usah terlalu khawatir dengan kemunculan garis-garis halus dan keriput pada wajah jika Anda sering mengkonsumsi buah delima merah. Kandungan polifenol di dalamnya akan melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sedangkan senyawa pulicanagin pada delima merah membantu tubuh menyimpan kolagen serta menjaga jaringan kulit tetap sehat.

  • Blueberry, raspberry, blackberry
  • Daftar makanan sehat untuk menghindari penuaan dini selanjutnya yaitu kelompok buah berry. Selain rasanya enak, buah-buahan ini juga mampu meremajakan tubuh karena mengandung antioksidan cukup tinggi. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, polusi dan berbagai zat kimia.

    Selain itu, kandungan berbagai nutrisi dan vitamin di dalam buah-buahan ini juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

  • Semangka
  • Semangka efektif untuk mencegah keriput karena kaya akan kandungan vitamin A, C dan E. Asam amino di dalam buah satu ini juga mampu memperlancar peredaran darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

  • Kacang-kacangan
  • Aneka jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete dan kacang merah merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari penuaan dini. Kacang mengandung protein, omega-3 dan serat. Kandungan ini diketahui ampuh untuk menjaga fungsi otak. Jadi, yuk ganti cemilan asin Anda dengan kacang-kacangan agar lebih sehat!

  • Jamur
  • Tinggi akan berbagai mineral seperti selenium dan kalium, jamur bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf otak. Selain itu, jamur juga mampu membunuh dan memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga bisa menjadi antikanker.

    Jamur juga bagus untuk sistem kekebalan tubuh yang berperan sebagai pencegah dan penghalau berbagai jenis bakteri serta virus.

    Itulah daftar makanan sehat yang mampu mencegah penuaan dini. Selain mengonsumsi makanan sehat di atas, tentu harus diimbangi dengan olahraga rutin agar kesehatan tubuh terjaga secara optimal. 

    Untuk mendapatkan aneka bahan pangan berkualitas dan sehat, Anda bisa membelinya di Healthy Choice. Tersedia pula kacang-kacangan, seperti kacang mede hingga kacang tanah yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

     

    Baca juga: 5 Olahan Sorgum yang Bisa Menjadi Snack Sehat Harian

    Baca juga: 5 Snack Sehat Terbuat dari Bahan Organik yang Baik untuk Diet


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published