Ini Aturan Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menunjang Kesehatan Si Kecil

minyak zaitun

Ibu tentu ingin selalu memberikan makanan yang penuh gizi kepada si buah hati. Selain protein dan karbohidrat, makanan untuk anak idealnya juga mengandung lemak sehat.

Lemak sehat yang bisa ditambahkan ke dalam makanan anak, salah satunya yaitu extra virgin olive oil (EVOO). Lalu, bagaimana aturan penggunaan minyak zaitun untuk anak kecil?

Sebelumnya, Anda harus tahu lebih dulu kalau EVOO merupakan minyak zaitun murni yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. EVOO adalah jenis minyak zaitun dengan kualitas paling tinggi yang berwarna hijau gelap dan baunya lebih tajam.

Diketahui, dalam 100 gram EVOO terkandung 13,8% lemak jenuh, 73% lemak tak jenuh tinggal, 9,7% omega 5, 0,76% omega 3, 72% vitamin E dari dan 75% vitamin K.

Anda bisa menambahkan EVOO dalam makanan si kecil sejak ia berusia 6 bulan. Asam oleat yang ada di dalam minyak zaitun, bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak. EVOO juga bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah dan meredakan penyakit asma.

EVOO juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit pada anak-anak. Meski demikian, penggunaan yang terlalu banyak justru dapat menyebabkan diare. Anda bisa memasukkan satu sendok teh atau kurang ke dalam satu porsi makanan anak.

EVOOO sebaiknya diberikan ke makanan anak tanpa melalui proses pemasakan, ya. Pasalnya, proses memasak atau pemanasan makanan anak dengan EVOO justru mengurangi nilai gizi di dalamnya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Anak

minyak zaitun

Sumber foto: Google

Anda memang bisa memberikan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan si kecil. Tapi, apa saja sih manfaat minyak zaitun yang baik untuk anak? Ini dia daftarnya!

  • Meredakan Batuk
  • Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati batuk. Mengingat anak-anak cukup rentan terserang penyakit batuk, pilek atau demam. Apalagi, bagi balita yang masih mengkonsumsi ASI. ASI memang adalah obat alami yang dianjurkan untuk meredakan batuknya.

    Namun, minyak zaitun juga bisa membantu meredakan batuk anak-anak lho. Caranya yakni dengan mencampurkan 3-4 tetes minyak zaitun dengan 2-3 tetes minyak kayu putih, minyak rosemary dan peppermint.

    Gosokkan dan pijat secara perlahan campuran tersebut ke punggung dan dada anak sebelum mereka tidur. Selain meredakan batuk, cara ini juga membantunya tidur lebih nyenyak.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Bayi yang Lahir Prematur
  • Sebuah studi pernah menunjukkan bahwa minyak zaitun juga baik untuk bayi prematur apabila dicampurkan dengan minyak kedelai. Kombinasi kedua minyak tersebut diklaim hampir menyerupai ASI. Campuran ini pun sangat bermanfaat sebagai nutrisi tambahan bagi bayi yang terlahir prematur.

  • Meredakan Konstipasi
  • Anak-anak kerap mengalami masalah pencernaan konstipasi alias sembelit. Nah, minyak zaitun bisa menjadi salah satu obat untuk mengurangi gangguan pencernaan ini. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun hangat ke perut anak dengan gerakan searah jarum jam. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak. Selain itu, Anda juga bisa meneteskannya ke makanan anak untuk meringankan konstipasi. 

    Nah, setelah mengetahui informasi terkait manfaat dan cara penggunaan minyak zaitun untuk anak, apakah Anda berminat menggunakannya sebagai perawatan dalam keseharian sang buah hati?

    Kalau berminat tapi takut produk yang dibeli palsu, sekarang Anda bisa membelinya tanpa khawatir di Healthy Choice, Minyak zaitun organik di sini dipastikan aman dikonsumsi yang terbuat 100% dari buah zaitun berkualitas.

     

    Baca juga: Inilah Fakta Gula Aren Lebih Sehat dari Gula Pasir! Cari Tahu Yuk

    Baca juga: Benarkah Beras Coklat Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Faktanya


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published