Dipercaya Bantu Kendalikan Gula Darah, Begini Cara Penyajian Beras Hitam

beras hitam

Banyak penderita diabetes yang mencoba banyak cara untuk mengontrol gula darah, salah satunya dengan makan makanan tertentu. Beras hitam diklaim sebagai salah satu makanan yang bagus untuk diabetes. Lalu, apa saja manfaat beras hitam untuk diabetes?

Meski kalah populer dibanding beras putih, beras hitam nyatanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Beras hitam berasal dari biji-bijian utuh yang tinggi kandungan serat, serta mengandung zat antosianin yang merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas.

Kandungan Nutrisi dalam Beras Hitam

Beras berwarna hitam ini tidak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga memiliki berbagai nutrisi lainnya, seperti zat besi, protein, dan antosianin. Dalam seporsi nasi hitam mengandung sekitar:

  • 1,5 gram lemak
  • 2 gram serat
  • 5 gram protein
  • 34 karbohidrat
  • 160 kalori
  • Zat besi

Dibanding jenis nasi lainnya, kalori dari beras hitam masih lebih rendah. Selain itu, kandungan antioksidan dan serat di dalamnya membuat beras hitam baik untuk penderita diabetes.

Manfaat Beras Hitam untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini beberapa manfaat beras hitam bagi penderita diabetes:

  • Kenyang Lebih Lama
  • Tingginya kandungan serat di dalam beras ini akan membantu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras jenis ini tidak menyebabkan lonjakan insulin di dalam tubuh, sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

  • Membantu Mengontrol Berat Badan
  • Kandungan serat di dalamnya membuat proses pelepasan gula darah terjadi lebih lambat sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein juga membuat merasa kenyang lebih cepat.

    Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan antosianin membantu menurunkan lemak dalam tubuh sehingga berat badan berkurang.

    beras hitam

    Sumber foto: Google

  • Menangkal Oksidasi Radikal Bebas
  • Manfaat beras hitam lainnya untuk diabetes yaitu mencegah oksidasi radikal bebas. Perlu diketahui, gula darah yang tinggi pada penderita diabetes mengakibatkan proses oksidasi dan menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh serta meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

    Nah, antosianin inilah yang akan melawan radikal bebas dan melindungimu dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Katarak hingga kebutaan bisa diakibatkan oleh komplikasi akibat retinopati diabetes. Selain antosianin, beras ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis karotenoid. Kedua senyawa ini disebut dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas serta mengurangi risiko kedua penyakit mata karena komplikasi diabetes tersebut.

  • Mengurangi Risiko Kanker
  • Proses oksidasi yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes mungkin juga meningkatkan risiko kanker. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada beras hitam, radikal bebas akan dilawan dan risiko penyakit kanker pun bisa dikurangi.

    Hal yang Harus Diperhatikan

    Meski memiliki banyak manfaat, jenis beras satu ini tidak bisa dijadikan sebagai obat diabetes. Pasalnya, hingga kini belum ditemukan obat medis maupun bahan herbal yang mampu menyembuhkan diabetes.

    Namun, penyakit ini dapat diatasi dengan tetap mengontrol gula darah dalam jumlah normal dengan menerapkan pola hidup sehat. Beras berwarna gelap ini juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

    Pastikan pula penderita diabetes yang ingin mengonsumsinya tidak melupakan aturan 3 J (Jadwal, Jenis dan Jumlah), olahraga secara rutin, serta lakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

    Itu dia informasi tentang manfaat beras hitam bagi penderita diabetes. Sekarang kamu bisa mendapatkan beras organik lebih mudah, dengan langsung kunjungi website Healthy Choice ya.

     

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Kecantikan Kulit

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published