Ini Alasan Jahe Merah Dapat Meredakan Nyeri Otot, Terbukti Secara Ilmiah

jahe merah

Dikenal memiliki kandungan sehat yang dapat menangkal radikal bebas, ternyata jahe merah juga dapat dijadikan obat pereda nyeri yang efektif untuk otot sakit, lho. Menurut penelitian kesehatan yang dipublikasikan oleh The Journal Pain, mengonsumsi teh atau jahe merah dalam bentuk suplemen efektif meredakan sakit otot akibat olahraga.


Mengapa Jahe Merah Berkhasiat Meredakan Sakit Otot?

Pada dasarnya jahe merah mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta antikanker, dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. Lebih lanjut lagi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah sama efektifnya dengan ibuprofen. Karena itu, bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit setelah operasi lutut.


Dosis tinggi ekstrak jahe merah juga efektif dalam mengobati orang dengan osteoartritis lutut. Tak hanya dikonsumsi secara oral, mengaplikasikan krim atau gel yang mengandung jahe ke area yang sakit juga bisa mendapatkan manfaat yang sama, dan sejauh ini konsumsi jahe merah untuk kesehatan, terutama untuk meredakan otot bisa dilakukan dalam bentuk:


  • Krim topikal, gel, atau minyak esensial.
  • Kapsul
  • Teh.

Aturan Mengonsumsi Jahe Merah

jahe merah

Sumber foto: Google


Meskipun jahe merah dapat langsung dikonsumsi, namun beberapa orang mungkin bisa mengalami efek samping ringan, seperti diare, perut kembung, mual maupun mulas. Risiko dari efek samping tersebut bisa meningkat jika Anda mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan. Maka dari itu, ada baiknya untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe merah, terutama bagi yang punya riwayat kesehatan seperti;


  • Mengidap diabetes
  • Minum obat pengencer darah atau obat tekanan darah.
  • Memiliki kelainan darah.
  • Sedang hamil.
  • Mengalami kekurangan berat badan.
  • Memiliki batu empedu.

Jika Anda lebih memilih untuk mengoleskan krim atau gel jahe, ada baiknya lakukan tes alergi terlebih dulu. Jika Anda menggunakan minyak esensial, pastikan untuk mencampurkannya dengan minyak netral lainnya sebelum dioleskan langsung ke kulit. Pastikan Anda melakukan tes alergi sebelum menggunakannya.


Pada dasarnya, peradangan adalah respons kekebalan yang memungkinkan tubuh menyembuhkan luka dan melawan infeksi. Peradangan menggambarkan proses perlindungan diri di mana tubuh melepaskan sel darah putih untuk memerangi infeksi dan membersihkan organisme berbahaya, seperti bakteri.


Umumnya, peradangan dapat menyebabkan rasa kurang nyaman, terutama jika sudah kronis. Peradangan sering terjadi pada banyak jenis artritis dan berkontribusi terhadap rasa sakit di sekitar sendi yang terkena.


Jahe merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan modern. Pasalnya jahe merah bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan nyeri radang sendi, karena sifat antiradangnya.


Selain itu, jahe paling baik dikonsumsi mentah, namun juga bisa dalam bentuk bubuk, kapsul, minyak, maupun jus. Saat ini sudah banyak jenis obat herbal yang memiliki sifat antiinflamasi. Namun, bukti untuk mendukung hal tersebut masih kurang. Jahe merah adalah salah satu bahan natural yang sudah terbukti berkhasiat dalam meredakan peradangan dan sakit otot.


Itulah manfaat jahe merah yang terbukti ampuh mengatasi peradangan dan nyeri otot. Jika Anda suka berolahraga, minuman jahe merah bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengurangi nyeri otot. Meski, tidak disarankan untuk mengonsumsi setiap hari, tapi paling tidak bisa jadi pilihan minuman sehat setiap minggunya. 


Nah, jika Anda membutuhkan jahe merah cobalah untuk mengunjungi Healthy Choice. Klik di sini untuk berbelanja jahe merah dan berbagai bahan makanan organik lainnya.

 

Baca juga: Tips Mudah Meredakan Migrain, Benarkah Jahe Merah Lebih Ampuh

Baca juga: Minum Air Jahe Merah Bisa Atasi Perut Kembung, Mitos atau Fakta?


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published