Jelang Usia 30-an: Ini 7 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Menjaga Sendi Lutut

Jelang Usia 30-an: Ini 7 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Menjaga Sendi Lutut

Makanan yang bisa melumasi sendi lutut pada dasarnya adalah makanan yang membantu sendi menjadi sehat. Sendi yang sehat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Selain gandum utuh dan sayuran, makanan lain apa saja yang baik untuk sendi?

Makanan untuk Mendukung Kesehatan Sendi

Sumber foto: Google

Sebelum membahas daftar makanan yang menghasilkan pelumas sendi, penting untuk dicatat bahwa diet tertentu berperan penting dalam mencegah masalah sendi. Makanan bernutrisi bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan sendi, karena dapat meningkatkan kesehatan tulang rawan, tendon, ligamen, dan komponen sendi lainnya.

Selain itu, diet sehat bukan hanya memperkuat tulang namun juga mengurangi peradangan yang merupakan salah satu penyebab nyeri sendi.

Mulai dari ikan, gandum utuh, hingga sayur dan buah, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan persendian.

  • Salmon kaleng
  • Salmon kaleng dengan tulang adalah salah satu makanan yang bisa kamu pilih untuk menjaga kesehatan sendi. Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalamnya membantu menjaga kekuatan tulang. Selain itu, kandungan omega-3 pada salmon juga membantu meredakan peradangan.

    Makanan lain yang kaya kalsium dan vitamin D adalah yogurt atau susu rendah/tanpa lemak. sedangkan ikan berminyak lainnya seperti sarden atau teout juga baik dikonsumsi karena omega-3 di dalamnya.

  • Gandum utuh
  • Gandum utuh dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan. Sedangkan biji-bijian yang sudah diolah seperti tepung putih justru mempunyai efek sebaliknya.

    Kamu bisa mengonsumsi gandum utuh dengan mengolahnya menjadi roti, atau dalam bentuk oatmeal. Biasanya oatmeal disajikan bersama potongan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt. Selain gandum utuh, kamu juga bisa coba mengonsumsi jenis biji-bijian lainnya seperti beras merah, quinoa, dan barley.

    Biji-bijian utuh bersifat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri dan meningkatkan kenyamanan pada sendi. Antioksidan di dalam biji-bijian juga bisa menurunkan tingkat protein penyebab inflamasi pada sistem peredaran darah.

  • Kacang kenari
  • Kacang kenari memiliki beberapa jenis nutrisi yang bisa membantu melawan peradangan, salah satunya omega-3. Meski kacang kenari baik dikonsumsi, tapi ingat kalau jenis kacang-kacangan satu ini sangat tinggi kalori. Karena itulah, batasi konsumsinya maksimal segenggam dalam sehari.

    Selain kacang kenari, biji rami dan canola juga bisa kamu tambahkan dalam menu diet sehat untuk membantu menjaga kesehatan persendian.

  • Sayuran berdaun hijau
  • Sayuran berdaun gelap, seperti kale kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan sendi. Sayur berdaun hijau ini kaya akan beta karoten dan vitamin C. Selain kale, sawi, dan kangkung juga merupakan sumber kalsium yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Sayuran lain yang bisa membantu pelumasan sendi yaitu bok choy, brokoli, dan sawi hijau.

  • Ceri
  • Makanan untuk pelumas sendi lainnya adalah buah ceri. Beberapa penelitian mengaitkan buah berwarna merah satu ini dengan berkurangnya resiko asam urat. Buah lain yang memberikan efek serupa adalah blackberry, blueberry, dan delima.

  • Paprika merah
  • Paprika merah tinggi kandungan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong produksi kolagen, yaitu protein yang berperan dalam melindungi komponen sendi seperti tendon, tulang rawan, dan ligamen. Makanan tinggi vitamin C lainnya adalah tomat, jeruk, dan nanas.

  • Kunyit
  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kurkumin dalam kunyit bekerja sebagai ibuprofen dalam mengurangi nyeri lutut dan sakit. Jika tidak terbiasa mengonsumsi kunyit segar, kamu bisa menggunakan curry powder

    selain kunyit, jahe dan kayu manis merupakan dua rempah lain yang bersifat anti inflamasi yang dapat menurunkan peradangan.

    Itulah beberapa makanan yang bisa kamu tambahkan ke dalam menu harian untuk membantu menjaga kesehatan sendi. Kamu bisa menjadikan gandum utuh sebagai menu sarapan sehat, dan mengganti camilan keripik kentang dengan buah ceri, nanas, atau jeruk.

    Ingin rekomendasi bahan makanan sehat lainnya? Langsung saja kunjungi Healthy Choice di sini!


    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat

    Baca juga: Ini Alasan Gandum Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published