Merasa Lapar Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Pola Hidup Sehat yang Tepat

Merasa Lapar Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Pola Hidup Sehat yang Tepat

Apakah kamu sering merasa lapar setelah berolahraga? Jika ya, itu adalah respons biologis yang normal dan sehat. Hal ini bisa saja terjadi karena tubuh membakar banyak kalori sehingga merespon untuk mengembalikan energi. Lantas, apa pengaruhnya bagi tubuh jika habis olahraga terus makan? 


Apa Penyebab Lapar Setelah Olahraga?

Rasa yang lapar setelah melakukan aktivitas berat merupakan sensasi fisik yang disebabkan oleh hormon dan reaksi kimia tubuh saat membutuhkan makanan. Reaksi ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Berikut ini beberapa penyebab lapar setelah olahraga.


1.Olahraga Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatnya nafsu makan bisa disebabkan reaksi psikologis; karena kebiasaan, kebosanan, emosi, melihat, atau mencium aroma makanan. Hal tersebut dapat memicu kamu untuk makan bahkan saat tidak lapar. Beberapa hormon dapat mengatur rasa lapar nafsu makan, dan pencernaan.


Begitu juga pasca olahraga, nafsu makan kemungkinan akan meningkat. Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga dapat membakar energi tubuh, yang kemudian tubuh merespon dengan meningkatnya nafsu makan.


2.Dehidrasi

Perlu diketahui terkadang rasa haus setelah olahraga menyerupai sebagai rasa lapar. Keinginan untuk makan terkadang terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini dapat terjadi setelah menjalani aktivitas seperti olahraga atau tidak cukup minu air sebelum olahraga.


3.Cadangan Glikogen Berkurang

Umumnya aktivitas fisik melibatkan beberapa komponen pembakaran glikogen, yakni sumber karbohidrat yang disimpan dalam tubuh. Ketika cadangan glikogen menurun selama berolahraga, tubuh mulai menggunakan lebih banyak gula dalam darah untuk energi.


Ketika glikogen semakin rendah dan kadar gula darah menurun, maka tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon ghrelin untuk memberi sinyal ke otak bahwa tubuh memerlukan asupan makanan.


4.Kurang Makan Sebelum Olahraga

Sebaiknya kamu harus menghindari olahraga jika belum makan selama lebih dari tiga jam atau empat jam. Jika hal ini tidak dilakukan, tubuh akan menarik gula darah untuk energi yang pada akhirnya akan membuat kamu lapar setelah olahraga.


Ketika asupan makanan yang tidak cukup untuk mendukung aktivitas fisik secara keseluruhan dan kebutuhan energi, tubuh akan mulai membakar jaringan ototnya sendiri sebagai energi. Sayangnya, sebagian orang lebih memilih melewati makan sebelum olahraga. Sebenarnya, diperlukan asupan makanan yang padat nutrisi sebagai pasokan energi untuk olahraga.


Tips Mengatasi Lapar Setelah Olahraga

Sumber foto: Google

Jika kamu sudah mengetahui alasan lapar setelah olahraga, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana cara mengurangi atau mengelola rasa lapar setelah olahraga. 


1.Mengatur Komposisi Makanan

Untuk mengelola rasa lapar setelah melakukan olahraga, sebaiknya perbanyak mengonsumsi karbohidrat dan protein dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan mencukupi kedua nutrisi ini dalam makanan dapat membantu pemulihan setelah olahraga.


Salah satu karbohidrat yang bisa kamu konsumsi adalah Oats atau gandum utuh yang diolah menjadi makanan sehat. Selain dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin, gandum utuh sangat cocok menjadi menu makan sebelum olahraga, karena kandungan serat pada gandum memberikan efek kenyang lebih lama.


2.Perbanyak Asupan Serat

Seperti protein, serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menambah jumlah makanan tanpa menambah banyak kalori. Serat diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Berbagai makanan serat tinggi seperti biji lentil, kacang hijau organik, dan buah-buahan bisa jadi alternatif santapan sebelum melakukan aktivitas olahraga.


3.Perhatikan Waktu Makan

Tips selanjutnya untuk mengatasi rasa lapar setelah olahraga adalah dengan memperhatikan waktu makan, yakni waktu terbaik untuk makan adalah 30 atau 60 menit sebelum olahraga.


Jika kamu olahraga di pagi hari, kamu harus sarapan ringan terlebih dahulu. Begitupun dengan olahraga siang atau malam hari, siapkan makanan berat. Makan sebelum olahraga akan memberikan dorongan energi untuk tubuh.


4.Minum Air Mineral yang Cukup

Respon tubuh yang kekurangan asupan cairan sering kali disalah artikan dengan rasa lapar. Oleh karena itu, minumlah banyak air sebelum, selama, dan setelah latihan agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa lapar.


Itu dia beberapa penyebab rasa lapar setelah olahraga dan kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas. Jika kamu membutuhkan asupan sehat sebelum olahraga seperti gandum utuh, kacang lentils, kacang hijau organik dan makanan sehat lainnya. Kunjungi Healthy choice, atau klik di sini untuk berbelanja. 

 

Baca juga: Kombinasi Diet Sehat dan Olahraga: Mencapai Keseimbangan untuk Kesehatan Optimal

Baca juga: Jarang Olahraga, Begini Siasati Pola Hidup Sehat Anjuran Dokter


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published