Beragam Kegunaan Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Sehari-hari

Beragam Kegunaan Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Sehari-hari

Tanaman zaitun memiliki nama ilmiah olea europaea dan dapat diolah ekstra buahnya sehingga menjadi minyak zaitun. Minyak zaitun umumnya digunakan sebagai bahan untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng atau dapat juga dijadikan sebagai campuran dalam salad sayur. Banyak kegunaan minyak zaitun yang dapat dimanfaatkan dan baik bagi tubuh.

Tidak hanya dapat dikonsumsi, minyak zaitun juga baik bagi kesehatan tubuh tidak hanya dari dalam maupun dari luar. Kamu dapat menjadikan minyak zaitun sebagai minyak oles untuk kulit agar tidak kering atau minyak rambut yang dapat membuat rambut menjadi lebih lebat.

Adapun beberapa jenis minyak zaitun yang dapat kamu gunakan, diantaranya adalah minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun pomace (pomace olive oil). Seluruh jenis minyak ini memiliki karakteristik rasa dan juga komposisi yang berbeda-beda tergantung prosesnya.

Semua bahan juga tidak menggunakan panas ataupun bahan kimia lainnya, sehingga minyak zaitun memiliki aroma yang cukup kuat. Karena banyak manfaat, minyak zaitun sering kali ditemukan di berbagai produk kecantikan. Berikut ini merupakan ulasan mengenai berbagai kegunaan dari minyak zaitun. 

  • Dapat Dimanfaatkan Untuk Kecantikan

  • kegunaan minyak zaitun

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa minyak zaitun juga kerap kali digunakan sebagai bahan dasar dari produk kecantikan, karena kegunaan minyak zaitun salah satunya adalah menjaga kelembaban kulit. Jika kamu mengusapkan minyak zaitun ke wajah saat malam hari, esok paginya kulit akan terasa kenyal karena telah terhidrasi selama tidur.

    Selain itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat yang dapat menghilangkan jerawat pada wajah. Hal itu dikarenakan kandungan dalam minyak zaitun yang baik bagi kesehatan kulit diantaranya adalah vitamin dan antioksidan yang akan membantu sel-sel pada kulit beregenerasi. Caranya kamu cukup memijat lembut wajah kamu dengan minyak zaitun.

  • Memiliki Kegunaan Melancarkan Pencernaan

  • Kegunaan minyak zaitun selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai pelancar buang air besar. Rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat membuat kotoran yang menumpuk mengandung air dari dari minyak zaitun, sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan saat buang air.

    Cara mengkonsumsinya pun cukup satu sendok makan minyak zaitun, kemudian kamu minum di pagi hari ketika kamu belum mengkonsumsi makanan sama sekali. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah sembelit.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

  • kegunaan minyak zaitun

    Penyakit diabetes sangat umum terjadi karena pola makan yang kurang tepat. Memakan makanan yang cenderung manis akan sangat memungkinkan terkena diabetes. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut kamu dapat menggunakan minyak zaitun sebagai obat alami.

    Kegunaan minyak zaitun dapat mengurangi resiko diabetes tipe-2, yaitu kondisi tubuh yang tidak menghasilkan cukup insulin atau kondisi tubuh yang menolak insulin. Senyawa fenolik dalam minyak zaitun murni (virgin olive oil) dapat membantu metabolisme glukosa serta dapat menaikan efektivitas insulin.

  • Mencegah Penyakit Alzheimer

  • Mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin berguna untuk melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan protein yang menumpuk di otak.

  • Menghindari Dari Penyakit Kanker

  • kegunaan minyak zaitun

    Kegunaan minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk menghindari penyakit kanker. minyak zaitun memiliki kandungan komponen oleocanthal yang dapat digunakan untuk membunuh sel kanker. Selain itu minyak zaitun juga memiliki kandungan senyawa antimikroba, antioksidan dan anti inflamasi untuk menurunkan risiko kanker melanoma, payudara, usus besar.

    Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghindari kanker kulit. Melanoma maligna adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Minyak zaitun secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit ketika dioleskan setelah terpapar sinar UV.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published